Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sambut Mudik Lebaran 2022, SehatQ Luncurkan Aplikasi Kesehatan

Rabu, 20 April 2022 21:49 WIB
Foto: Dok. SehatQ
Foto: Dok. SehatQ

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Ajak Pemudik Manfaatkan Aplikasi Kesehatan untuk Telekonsultasi dan Jaga Kondisi Tubuh Bersamaan dengan aktivitas mudik Lebaran 2022,

Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan menyarankan masyarakat yang hendak mudik untuk menjaga kesehatan fisiknya dengan memanfaatkan aplikasi kesehatan.

Mengingat tidak diperbolehkannya aktivitas mudik selama dua tahun sebelumnya, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan akan melonjak.

Dalam survei mudik Lebaran 2022 ketiga yang dilakukan Balitbang Kemenhub, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan mencapai 85,5 juta orang.

Berita Terkait : Kolaborasi BRI dan Traveloka Luncurkan Fitur Travel di Aplikasi BRImo

Dikarenakan adanya perkiraan lonjakan pemudik, Dinas Perhubungan memperkirakan arus mudik tahun ini akan lebih padat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Guna mengantisipasinya, Dishub pun melakukan sejumlah cara, seperti memastikan kelayakan sarana transportasi, memeriksa kesehatan sopir bus antarkota, hingga memberikan fasilitas mudik gratis.

“Pemudik sebaiknya menyiapkan vitamin dan obat-obatan yang rutin diminum atau sekiranya diperlukan selama perjalanan. Hal ini cukup penting untuk menjaga kenyamanan saat mudik nanti. Apalagi, membeli obat-obatan kini mudah sekali, masyarakat bisa membelinya di aplikasi kesehatan,” ujar Kepala Sudinhub Kota Jakarta Pusat, M.Wildan Anwar, dalam keterangannya, Rabu (20/4).

Dinas Kesehatan pun menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi kesehatan saat mudik nanti untuk menyetok obat-obatan dan memeriksa kondisi kesehatan saat diperlukan.

Berita Terkait : Sahabat Ganjar Harap Lomba TKJ Se-Solo Raya Lahirkan Generasi Z Berkualitas

“Sebenarnya, mudik tahun ini kita cukup terbantu dengan adanya aplikasi kesehatan. Pemudik yang mengalami sejumlah kondisi kesehatan ringan dapat mengakses aplikasi kesehatan tersebut untuk berkonsultasi secara online dengan dokter dari mana saja,” ujar Sudinkes DKI, Budi Setiawan.

Salah satu aplikasi kesehatan yang bisa dimanfaatkan pemudik untuk menjaga kondisi tubuhnya adalah SehatQ. Melalui situs atau aplikasi SehatQ, pemudik bisa membeli vitamin dan obat–obatan yang diperlukan di halaman toko.sehatq.com.

Selain itu, masyarakat juga berkonsultasi melalui chat atau video call dengan dokter jika mengalami gangguan kesehatan ketika sedang menjalankan aktivitas mudik Lebaran.

“SehatQ siap memberikan fasilitas kesehatan terbaik bagi masyarakat yang hendak melakukan aktivitas mudik Idul Fitri di tahun ini," ujar Chief Commercial Officer SehatQ, Andrew Sulistya.

Berita Terkait : Pemilu Mahasiswa UIN Jakarta 2022 Sukses Lahirkan Pemimpin Baru

Menurutnya layanan kesehatan yang dihadirkan SehatQ, kami harap aktivitas mudik tahun ini berjalan lancar dan nyaman. [NOV]