Dark/Light Mode

Sinarmas World Academy 2022, Cetak Seniman Yang Siap Berkelana

Sabtu, 28 Mei 2022 19:39 WIB
Foto: Dok. Sinarmas
Foto: Dok. Sinarmas

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinarmas World Academy baru saja merayakan hari kelulusan kelas angkatan 2022. Beragam rasa mengisi sepanjang acara spesial ini dan banyak pencapaian yang untuk pertama kalinya berhasil ditorehkan oleh para lulusan angkatan kali ini.

Setiap siswa-siswi memiliki perjalanan menariknya sendiri. Dan untuk siswa yang berasal dari luar negeri, keterbatasan bahasa menjadi masalah yang paling sering muncul.

"Salah satu pengalaman yang paling menarik dialami oleh siswa terbaik tahun 2022, Cho Hyung Jun. Ia merupakan siswa asal Korea Selatan dan mulai belajar di SWA dengan kemampuan bahasa Inggris yang sangat terbatas," ujar Sinarmas World Academy General Manager, Deddy Djaja Ria, dalam keterangannya, Sabtu (28/5).

Deddy menambahkan, saat pertama kali bergabung bersama SWA di kelas 8, ia menyadari kurangnya kemampuan bahasa Inggris dengan tidak mampu berbicara dengan baik saat melakukan presentasi.

Hal ini mempengaruhi kepercayaan dirinya yang membuatnya sering merasa malu di depan rekan-rekannya. Dengan latihan yang terus-menerus, dukungan dari SWA untuk pelajaran bahasa Inggris, dan semangatnya untuk selalu aktif berpartisipasi di berbagai kompetisi debat, Hyung Jun akhirnya mampu berbahasa Inggris dengan jauh lebih baik dan percaya diri yang tinggi.

Baca juga : Sinarmas World Academy, 3 Lulusan Terbaik Raih Pendanaan Internasional

Di kelas 10, ia Tidak hanya berhasil dalam perjalanan menguasai bahasa Inggris, Hyung Jun juga memiliki intensi yang besar untuk memberikan dampak dengan membantu orang yang membutuhkan.

Di pertengahan tahun 2020, ia bersama dengan Leon, Chris, dan rekan lainnya membuat organisasi bernama Industrial Safeguard Initiatives sebagai proyek Creativity, Activity, and Service (CAS) miliknya.

Sekadar informasi, CAS merupakan sebuah kegiatan yang dipimpin oleh para siswa dan dibuat dengan tujuan untuk menjadikan pendidikan dan kreativitas mereka menjadi dampak yang baik yang nyata pada lingkungan sekitar.

Hyung Jun dan timnya memiliki visi untuk memberikan perlengkapan dan alat kesehatan untuk para tenaga kesehatan yang bekerja keras di tengah pandemi.

Mereka berhasil untuk memproduksi dan mendonasikan secara gratis lebih dari 6000 pelindung wajah dan 5000 masker bedah ke klinik dan rumah sakit lokal di sekitar Tangerang Selatan.

Baca juga : Kepala BNPB Sampaikan 7 Rekomendasi Untuk Resiliensi Berkelanjutan

Hal menarik dari proyek kemanusiaan ini adalah mereka mendesain pelindung wajah sedemikian rupa sehingga produk ini dibuat menggunakan bahan sisa produksi pabrik pakaian.

Dengan ini, Hyung Jun dan timnya juga membantu memaksimalkan penggunaan bahan yang tidak terpakai sehingga tidak terbuang percuma.

Perjalanan Hyung Jun berbuah manis di akhir tahunnya di kelas 12. Ia diterima di University of Cambridge jurusan Teknik, di antara beberapa universitas unggulan dunia lainnya.

Pencapaiannya ini memecahkan rekor di SWA sebagai siswa SWA pertama yang berhasil diterima di University of Cambridge. Hari kelulusan adalah sebuah tonggak yang berarti bagi siswa-siswi, para orang tua, dan SWA.

Selain prestasi luar biasa oleh Hyung Jun, lulusan tahun ini juga memecahkan rekor dengan 8,7 persen dari lulusan berhasil masuk ke asosiasi Universitas Ivy League. Dan 50 persen dari lulusan tahun ini juga berhasil diterima di universitas-universitas di peringkat 50 dunia, serta 70 persen berhasil diterima di universitas peringkat 100 dunia (peringkat menurut THE dan QS world ranking).

Baca juga : Vespa World Days 2022 Siap Digelar Juni Di Bali

Deddy menjelaskan sebagai sebuah angkatan yang menghadapi banyak disrupsi, hasil ini merupakan pencapaian gemilang untuk seluruh komunitas SWA.

Perjalanan sukses setiap lulusan SWA merupakan motivasi terbesar pihak sekolah untuk terus meningkatkan pengajaran yang dapat memaksimalkan potensi setiap siswa-siswinya. "

Sinarmas World Academy tidak sabar untuk kembali bertemu dengan para lulusan 2022 bertumbuh dan berhasil di satu dekade yang akan datang," pungkas Deddy. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.