Dark/Light Mode

Bersama Kader, Nestlé Edukasi Keluarga Indonesia Cegah Stunting

Jumat, 14 Juli 2023 21:52 WIB
Neste menggelar program edukasi keluarga Indonesia dalam mencegah stunting. (Foto: Dok. Nestle)
Neste menggelar program edukasi keluarga Indonesia dalam mencegah stunting. (Foto: Dok. Nestle)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selaras dengan tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju”, Nestlé Indonesia bersama 100 kader Kampung KB, Kelompok Kerja, dan Tim Pendamping Keluarga dari 4 Kampung KB di Kota Palembang mengadakan seminar gizi.

Nestlé Indonesia berkomitmen menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup, saat ini dan generasi mendatang.

"Mewakili sektor swasta, kami senang berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk bergotong royong dalam percepatan penurunan angka stunting nasional," ungkap Direktur Corporate Affairs PT Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu dalam keterangannya, Jumat (14/7).

Baca juga : Selama 10 Hari, AP ll Layani Kepulangan 29.547 Jamaah Haji

Menurut Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan percepatan penurunan angka stunting nasional membutuhkan sinergi dan kerja sama yang kuat antara berbagai pihak, termasuk pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat.

"Para kader memiliki peran kunci dalam menyampaikan informasi tentang pentingnya gizi seimbang dan praktik kebiasaan baik kepada keluarga yang harus dilakukan sejak dini khususnya para ibu dengan menjaga asupan makanan mulai dari memenuhi kebutuhan gizi saat hamil. Maka dari itu, memberdayakan para kader merupakan langkah strategis untuk meningkatkan pemahaman gizi di masyarakat," ujar Ali.

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki, mereka dapat menjadi agen perubahan yang efektif dalam mendorong perubahan perilaku menuju pola makan yang sehat dan pencegahan stunting.

Baca juga : Belanda Kembalikan Artefak Indonesia, Sejarawan: Usaha Jokowi Patut Diapresiasi

Deputi Bidang Pengendalian Penduduk Badan Kependudukan dan KB Nasional Bonivasius Prasetya Ichtiarto menjelaskan sejak 2021, BKKBN telah menyelenggarakan kegiatan inovatif yaitu Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) di Kampung Keluarga Berkualitas.

DASHAT merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting, melalui pemanfaatan sumber daya lokal (termasuk bahan pangan lokal) yang dapat dipadukan dengan sumber daya atau kontribusi kemitraan lainnya.

"Kami menyelenggarakan DASHAT di Kampung Keluarga Berkualitas sebagai aktivitas nyata dalam upaya pembentukan keluarga berkualitas," tegas Bonivasius.

Baca juga : Komitmen Kapolri Lestarikan Budaya Indonesia Lewat Wayang Kulit Banjir Apresiasi

Sampai Juni 2023, program DASHAT telah mencapai 3.530 titik.

Sebelumnya, pada 2022, Nestlé Indonesia bersama BKKBN menghadirkan program DASHAT di Kampung Keluarga Berkualitas Kabupaten Karawang yaitu Desa Gintungkerta dan Kelurahan Karawang Kulon. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.