Dark/Light Mode

SMP Labschool Kebayoran Dan SD Regina Pacis Bogor Sabet Juara KWN 2023

Senin, 23 Oktober 2023 19:35 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah melalui serangkaian proses seleksi dan pelatihan yang panjang, PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) akan mengumumkan pemenang program Kid Witness News (KWN) 2023 sekaligus mengikuti acara Global Summit KWN 2023.

Sineas Muda dengan karya terbaik, akan mewakili Indonesia pada tingkat Global.

Dari lebih 200 naskah yang terkumpul, PGI telah memilih empat finalis terbaik yang terbagi menjadi dua kategori dari tingkat SD dan SMP.

Selanjutnya, PGI bekerja sama dengan pihak-pihak yang berdedikasi tinggi dalam bidang perfilman, public speaking hingga scriptwriter untuk membekali dan memberikan pengarahan dalam pembuatan video bertema SDGs (Sustainable Development Goals).

Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan para finalis dalam berkompetisi dengan peserta dari negara-negara lain di program KWN tingkat global.

Baca juga : Pj Gubernur Dan DPRD Sultra Pastikan APBD Perubahan 2023 Merata

Head of Communications PT Panasonic Gobel Indonesia Viya Arsawireja mengatakan, suara anak-anak sebagai generasi masa depan akan memberi dampak pada masyarakat, serta mengilhami lahirnya inovasi-inovasi unik.

"Niatnya adalah untuk mendengarkan dan sepenuhnya menyerap pesan mereka, untuk menyadari potensi tersembunyi yang dimiliki anak-anak bertalenta ini, karena kami yakin bahwa setiap orang memiliki kekuatan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik," beber Viya.

Di KWN 2023, PGI telah berunding dengan tim dewan juri untuk memutuskan pemenang dari setiap kategori (SD dan SMP) program KWN 2023 Indonesia.

"PGI sangat bangga akan hasil karya sineas-sineas muda berbakat Indonesia karena mampu berpartisipasi dalam pengembangan SDM dan peduli isu lingkungan, serta menginspirasi banyak orang untuk mendapatkan kebahagiaan dan kehidupan yang lebih baik setiap harinya, sesuai tagline Panasonic Live Your Best," ujar Viya.

Terdapat dua finalis yang terpilih untuk berkompetisi di KWN Global Summit 2023, yaitu SD Regina Pacis Bogor dari kategori Sekolah Dasar (primary) dengan judul video ‘Rain in July’.

Baca juga : Para Capres Harus Sabar..!

SMP Labschool Kebayoran Jakarta dari kategori Sekolah Menengah Pertama (secondary) dengan judul video ‘SANGHARA.

Kedua wakil Indonesia ini akan berkompetisi dengan sekolah sekolah dari berbagai negara dibelahan dunia seperti US, Brazil, China, Jepang, Vietnam, dan lainnya.

Pada momen KWN Global Summit 2023 ini, kedua wakil Indonesia mampu mendapatkan hasil yang terbaik.

Setelah melalui proses penentuan pemenang dari vote yang dilakukan di seluruh dunia, PGI mengumumkan perwakilan Indonesia dari kategori secondary.

"Yakni, SMP Labschool Kebayoran Jakarta dan kategori primary yakni SD Regina Pacis Bogor, sebagai pemenang video terbaik “KWN Fans Award” yang berhasil menyisihkan peserta dari berbagai negara lain seperti Jepang, Brazil, US, Vietnam, China, Kamboja, dan Filipina, serta berhak mendapatkan hadiah berupa Lumix ACB-495”, kata Viya.

Baca juga : Bahaya Buat Kesehatan Dan Lingkungan, Prancis Segera Larang Disposable Vape

Program ini memiliki fase-fase yang diawali dengan sosialisasi ke Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terkait KWN, pendaftaran, serta pengiriman script.

Setelah terpilihnya empat finalis terbaik, mereka diberikan pelatihan (workshop) yang meliputi penulisan naskah, sinopsis, proses perekaman gambar (shooting), editing, music scoring dan soundtracking pada 27-28 Juli 2023 lalu.

PGI kemudian melakukan tahap akhir seleksi yang ketat oleh dewan juri Heru Susanto, Director, Skripwriter & Public Speaker serta perwakilan dari Panasonic Gobel Indonesia.

"Kid Witness News (KWN) yang dilaksanakan secara global selama 29 tahun dan mulai dilaksanakan di Indonesia pada tahun 2003 ini, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan komunikasi terutama dalam hal pembuatan film pendek dan diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia di Indonesia," bebernya.

"Panasonic berharap kemenangan Indonesia di ajang Dunia yang diwakili oleh sineas muda dapat memberikan inspirasi dan motivasi generasi muda lainnya untuk berkarya, menunjukkan semua keterampilan serta potensinya dalam mengupayakan impian dan masa depan yang lebih baik," tutup Viya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.