Dark/Light Mode

5 Tips Memilih Router Buat Bangunan Luas dan Bertingkat

Kamis, 21 Desember 2023 21:34 WIB
Luas serta tinggi bangunan dapat mempengaruhi jangkauan sinyal. Router dengan sistem mesh dapat menjadi Solusi. (Foto: Ilustrasi TP Link)
Luas serta tinggi bangunan dapat mempengaruhi jangkauan sinyal. Router dengan sistem mesh dapat menjadi Solusi. (Foto: Ilustrasi TP Link)

RM.id  Rakyat Merdeka - Permintaan untuk perangkat router semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh peningkatan permintaan koneksi internet yang lebih cepat, penggunaan perangkat yang perlu terkoneksi dengan internet.

Selain itu investasi yang dilakukan oleh pemerintah dan sejumlah perusahaan untuk perangkat transmisi dan networking.

Peningkatan signifikan ini melahirkan berbagai jenis router yang tersedia, dengan spesifikasi yang berbeda, termasuk untuk pengguna pemula, gamers, leluarga, hingga pelaku usaha.

Oleh karena itu, pembeli perlu memperhatikan lebih lanjut spesifikasi router yang sesuai, terutama untuk keperluan di rumah maupun di bangunan yang luas serta memiliki sejumlah lantai.

Berikut terdapat beberapa tips untuk memilih router sesuai kebutuhan:

Baca juga : Ayo Gerak Cepat Banjiri Pasar Beras

1. Memahami perangkat yang akan terkoneksi

Calon pembeli perlu mempertimbangkan dua hal, pertama perangkat apa saja yang akan terhubung ke router, seperti smartphone, perangkat smart home, maupun perangkat lain.

2. Mengetahui luas dan tinggi bangunan

Luas serta tinggi bangunan dapat mempengaruhi jangkauan sinyal. Router dengan sistem mesh dapat menjadi Solusi, terutama untuk rumah atau kantor yang berlantai dan berukuran besar.

3. Mengetahui teknologi

Baca juga : Pakar Minta Bansos Jangan Dipandang Negatif

WiFi yang terdapat di router Router yang dilengkapi dengan teknologi WiFi 6 dapat menjadi pilihan yang baik, karena mampu menampung lebih banyak perangkat, menghasilkan sinyal yang lebih kuat dan stabil, serta keamanan yang lebih baik.

4. Memiliki seamless roaming

Pastikan router memiliki fitur seamless roaming, yang memungkinkan perangkat beralih dari satu ruangan ke ruangan lain tanpa kehilangan koneksi.

5. Tersedia aplikasi untuk pengaturan jarak jauh

Pilih router yang dilengkapi dengan aplikasi yang memungkinkan pengaturan dari jarak jauh. Ini akan memudahkan kontrol dan pengawasan pengguna terhadap router, terutama di era Masyarakat yang saat ini tidak bisa lepas dari gadget.

Baca juga : Perwira Pertamina Retail Salurkan Bantuan Donasi Kemanusiaan Untuk Palestina

Dari kelima tips tersebut, router yang dilengkapi dengan sistem mesh, WiFi 6, dan seamless roaming dapat menjadi pilihan yang baik.

Manager Marketing TP-Link Indonesia Defrie D Gunawan mengatakan, Deco merupakan router dengan whole home mesh WiFi system dari TP-Link.

"Salah seri terbaru dari Deco WiFi 6 yang baru saja diluncurkan adalah Deco X10 yang merupakan adik dari Deco X20," ujar Defrie dalam keterangannya, Kamis (21/12/2023).

Adanya WiFi 6 di Deco X10, menghasilkan kecepatan sinyal 1,201 hingga 1,500 mbps pada jaringan 5 Ghz, serta 300 Mbps di jaringan 2,4 Mbps.

"Deco X10 juga dilengkapi dengan aplikasi yang mudah digunakan sehingga pengguna dapat mengontrol dari jauh, serta Seamless AI Driven Mesh yang dapat membuat perangkat belajar dan beradaptasi dengan kebiasaan dan kondisi penggunaan," pungkas Defrie.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.