Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Klaster Keluarga, Ikuti Protokol Kesehatan dengan Maksimal

Kamis, 5 November 2020 04:37 WIB
Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Tri Yunis Miko Wahyono (Foto: Tangkapan layar)
Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Tri Yunis Miko Wahyono (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mencegah penularan Covid-19 di keluarga, cara satu-satunya adalah memproteksi diri dan anggota keluarga secara maksimal. Demikian disampaikan Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Tri Yunis Miko Wahyono dalam talkshow virtual diselenggarakan RMco.id bertajuk, “Awas Klaster Keluarga Meroket”, Rabu (4/11).

"Apalagi di Jakarta, klaster rumah tangga sudah banyak. Penularan di angkutan umum juga. Memang Covid-19 adanya kerumunan. Berkerumun, ketemu orang di manapun, potensi penularan pasti besar," terang Miko.

Baca juga : Sukseskan Pemilu Seretak Dengan 9 Hal Baru Di TPS

Untuk mencegahnya, anggota keluarga harus diberi pemahaman soal Covid-19, cara penularan, dan pencegahannya dengan 3M. Terutama anggota keluarga yang belum berumur, atau di bawah 15 tahun. 

"Anak kecil itu kan susah kalau pakai masker. Harus diawasi. Main ketemu temennya siapa saja? Mau ke mana. Temannya berisiko, suka ngelayab, atau suka ke mana-mana nggak? Cek dengan detail. Kalaupun harus bertemu, harus jaga jarak dan pakai masker," sarannya.

Baca juga : Kemenkes-Satgas Covid-19 Rekrut Ribuan Contact Tracer

Kedua, usahakan rajin untuk menyemprotkan disinfektan di rumah setiap kali ada tamu dari luar. Hal ini penting untuk memastikan agar keluarga benar-benar aman dari Covid-19.

"Tamu, siapa pun, semprot. Meskipun kita kenal. Siapa yang tahu dia habis kemana? berkumpul di mana. Keluar rumah, wajib pakai masker. Pakai face shield, kalau di angkutan umum. Pulang, masker, jaket, harus dipisahkan dengan cucian yang lain. Baju juga, ganti kalau habis dari luar. Ya memang harus seketat itu. Tetapi jangan lupa berdoa. Berangkat, pulang, selalu berdoa," tambahnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.