Dark/Light Mode

Good News, Antibodi Setelah Terinfeksi Covid Bisa Awet 10 Bulan

Minggu, 2 Mei 2021 12:43 WIB
Ilustrasi pengambilan sampel untuk tes antibodi pasca Covid-19 (Foto: Net)
Ilustrasi pengambilan sampel untuk tes antibodi pasca Covid-19 (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Waktu kekebalan tubuh dapat bertahan setelah terinfeksi, merupakan hal yang mengkhawatirkan para penyintas Covid-19. Apalagi, kasus reinfeksi juga menjadi ancaman yang kapan saja bisa terjadi.

Namun, kini ada kabar baik. Antibodi pasca infeksi Covid, ternyata bisa bertahan sampai 10 bulan. Temuan ini meng-update penelitian sebelumnya, yang menunjukkan kekebalan tubuh pasca infeksi Covid mampu bertahan hingga 9 bulan.

Info ini disampaikan Kandidat PhD Universitas Kobe Jepang, dr. Adam Prabata via laman Instagramnya.

Baca juga : Mudik, Mutasi Covid-19 Bisa Semakin Menular

"Kadar antibodi penetralisir dan IgG relatif stabil di dalam darah, hingga lebih dari 10 bulan terhitung sejak bergejala," kata Adam.

Faktanya, semakin berat gejala dan semakin tua usia pasien, kemampuan penetralisir antibodi Covid akan menjadi lebih tinggi. 

Selain itu, kemampuan penetralisir antibodi Covid pada laki-laki, cenderung lebih tinggi dibanding perempuan, serta pasien dengan demam atau diare.

Baca juga : Perlukah Tes Serologi Untuk Uji Antibodi Usai Vaksinasi Covid-19? Ini Kata Ahli...

"Meski antibodi terdeteksi terus, kita harus tetap mewaspadai risiko reinfeksi. Karena faktanya, ada pasien reinfeksi Covid yang pernah terdeteksi memiliki antibodi," jelas Adam.

"Hingga saat ini, belum diketahui kadar antibodi yang cukup untuk mencegah infeksi Covid-19. Ada 13 persen penyintas yang tidak terdeteksi kemampuan penetralisir antibodinya setelah 10 bulan," pungkasnya. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.