Dark/Light Mode

Cegah Penyebaran Covid, ART Yang Balik Mudik Kudu Dikarantina

Jumat, 21 Mei 2021 09:17 WIB
Ilustrasi karantina Covid (Foto: Net)
Ilustrasi karantina Covid (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asisten Rumah Tangga (ART) yang mudik saat Lebaran, adalah hal yang sangat lumrah di tengah masyarakat kita.

Sebagai majikan, mayoritas orang tidak akan tega melarang mereka melakukan ritual tahunannya itu. Para ART dinilai berhak menikmati kebersamaan bersama keluarganya, setelah sekian lama bekerja keras.

Apalagi, kalau faktanya tergolong jarang pulang kampung, alias hanya setahun sekali saat Lebaran.

Baca juga : Jenazah Anggota TNI Yang Tewas di Papua Tiba Di Ambon

Namun, ceritanya menjadi sedikit rumit di tengah situasi Covid seperti sekarang ini.

Ancaman lonjakan Covid pasca mudik Lebaran, tidak main-main. Karena sejatinya, mobilitas memang sangat rentan memicu penularan Covid.

Terkait hal ini, dr. RA Adaninggar, SpPD yang merupakan dokter ahli penyakit dalam sekaligus influencer kesehatan mengingatkan, kita harus mengedepankan aspek kewaspadaan.

Baca juga : Puan: Penguatan TNI AL Kebutuhan Yang Harus Diwujudkan

"Kita harus mewaspadai ART yang baru pulang mudik, baik dalam kondisi bergejala atau tidak," ujar dr. Adaninggar yang akrab disapa Ning, dalam laman Instagram-nya.

Ning menyarankan tindakan isolasi disertai swab test antigen/PCR dan konsultasi ke dokter, jika ART datang pada saat kondisinya sudah bergejala seperti demam atau meriang, tidak enak badan, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, nyeri kepala atau pusing, pegal-pegal badan atau masuk angin, serta hilang pembauan dan pengecapan.

"Bila tidak bergejala pun, sebaiknya kita ambil langkah antisipasi. Paling aman, langsung dikarantina di ruangan khusus yang terpisah dari penghuni rumah lainnya. Ini idealnya," jelas Ning.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.