Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tekan Penyebaran Covid-19 di Tanah Air,

MPR Serukan Pusat Daerah Tingkatkan Kolaborasi

Senin, 17 Mei 2021 19:24 WIB
Lestari Moerdijat (Foto: Ist)
Lestari Moerdijat (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perlu kolaborasi yang baik antara pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah dalam menekan potensi penyebaran Covid-19 di tanah air.

"Dengan kondisi penyebaran Covid-19 yang berbeda-beda di setiap daerah, dibutuhkan kerja sama yang baik dan solid antardaerah untuk mencegah meluasnya penyebaran virus korona di tanah air," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/5).

Data Satgas Covid-19 pekan lalu menyebutkan kontribusi kasus positif Covid-19 di Jawa terhadap kasus nasional, turun 11,06%.

Baca juga : Cegah Covid-19, Polda Banten Larang Wisatawan Luar Daerah Masuk

Sebaliknya kontribusi kasus di Sumatra meningkat 27,22% terhadap kasus nasional. Angka kematian di Pulau Jawa menurun 16,07%. Sementara Pulau Sumatra naik 17,18%.

Menurut Lestari, perbedaan kondisi yang sangat signifikan antardaerah itu membutuhkan komunikasi dan kolaborasi yang masif antara pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah. Peningkatan indikator kasus positif Covid-19 dan angka kematian di wilayah Sumatera, menurut Rerie, sapaan akrab Lestari, harus segera ditangani dengan langkah yang tepat dan menyeluruh.

Upaya pencegahan potensi penyebaran Covid-19 ke sejumlah wilayah, ujar Rerie, membutuhkan dukungan semua pihak terkait upaya peningkatan testing, tracing dan treatments (3T) yang terukur dan masif.

Baca juga : Kalau Laju Penularan Terkontrol, Covid-19 Tak Seseram HIV atau MERS

Selain itu, tegas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, untuk mengintensifkan pengendalian, strategi untuk mempersempit wilayah pengawasan hingga di tingkat RT/RW harus diperkuat sehingga upaya 3T bisa lebih efektif.

Diakui Rerie, upaya pengetatan pengawasan dan pembatasan pergerakan orang di sejumlah wilayah berimplikasi terhadap faktor sosial ekonomi masyarakat.

Karena itu, jelasnya, keterlibatan secara aktif para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah sangat diperlukan untuk mengatasi dampak kebijakan pengendalian tersebut.

Baca juga : Putus Penyebaran Covid, TPU Karet Bivak Tiadakan Ziarah Kubur

Rerie berharap, dengan langkah pencegahan penyebaran Covid-19 yang tegas dan menyeluruh di sejumlah wilayah, mampu meningkatkan efektivitas pengendalian penyebaran virus korona di tanah air. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.