Dark/Light Mode

Anies Kenalkan DINA Buat Melayani Penyandang Disabilitas

Jumat, 3 Desember 2021 16:35 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan penyandang disabilitas di Stasiun MRT. (Foto: ist)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan penyandang disabilitas di Stasiun MRT. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan, Digital Intelligent Assistant (DINA) atau fasilitas layanan digital bagi penyandang disabilitas yang ingin naik MRT.

Layanan ini diresmikan bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional 2021 di Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jumat (3/12).

Anies mengatakan, Pemprov Jakarta dan pihak MRT berkomitmen sejak awal untuk menghadirkan kesetaraan bagi seluruh warganya, termasuk dalam memfasilitasi kelompok masyarakat penyandang disabilitas. “Sebagian dari warga kita membutuhkan pelayanan khusus, seperti saudara kita penyandang disabilitas,” kata Anies dalam siaran pers PPID Jakarta, Jumat (3/12).

Baca juga : Peringati HDI 2021, Kemensos Dorong Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Dengan Penguatan 3 Strategi

Menurut Anies, fasilitas DINA menjadi penanda bahwa masyarakat penyandang disabilitas bisa ke mana saja. Kata Anies, perencanaan fasilitas DINA ini melibatkan penyandang disabilitas sehingga bisa sesuai dengan kebutuhan mereka, terlebih para penyandang disabilitas memiliki treatment yang berbeda-beda.

Jika penyandang disabilitas sebagai salah satu kelompok rentan di Jakarta terfasilitasi, maka warga kebanyakan juga akan terfasilitasi. “Jadi, kami selalu sampaikan, bila empat unsur masyarakat yang terdiri dari penyandang disabilitas, lansia, anak-anak dan perempuan ini terfasilitasi, insya Allah elemen rakyat yang lain juga terfasilitasi,” ujarnya.

Anies juga mengingatkan warga Jakarta agar menghindari sikap ableism. Yaitu perasaan bahwa semua itu memiliki kelebihan di atas penyandang disabilitas. 

Baca juga : Ini Kebijakan PTPN Yang Dibilang Erick Thohir Luar Biasa

“Semua memiliki kesetaraan, kesamaan, hanya terdapat kebutuhan yang berbeda-beda. Nah, prinsip ini yang diadopsi di Jakarta. Maka dari itu, saya apresiasi MRT yang sudah memfasilitasi,” pesannya.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menjelaskan, ada tiga stasiun yang dipasang DINA, yakni Stasiun Lebak Bulus, Blok M, dan Bundaran HI. Nantinya, layanan ramah disabilitas ini akan dipasang di seluruh stasiun.

“Inisiatif ini (DINA) pertama di Indonesia, dan di dunia baru ada tiga negara yang mengaplikasikan, yakni Amerika Serikat, Kanada, dan Hongkong,” kata William.

Baca juga : 3 Saran PDIP Dalam Hadapi Penyebaran Varian Omicron

Dia menjelaskan, dengan adanya teknologi video call, operator yang bertugas pada operation center di Stasiun MRT HI bisa berkomunikasi langsung dengan penyandang disabilitas yang hendak naik MRT. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.