Dark/Light Mode

Yang Disasar 175, Yang Disuntik 190

Luar Biasa, Kick Off Vaksinasi Covid Usia 6-11 Tahun Di DKI Lampaui Target

Selasa, 14 Desember 2021 15:29 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SD Negeri Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat, Selasa (14/12). (Foto: Facebook)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SD Negeri Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat, Selasa (14/12). (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, pemerintah DKI melaksanakan kick off vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di SD Negeri Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat. Di samping melaksanakan secara serentak di 63 sekolah di 6 kota/kabupaten administrasi. 

Pada kesempatan ini, warga juga dapat mengajukan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) melalui layanan penerbitan KIA secara langsung oleh Dinas Dukcapil DKI Jakarta.

"Kita menyambut baik vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Saat ini, kami berada di SDN Cempaka Putih Timur 03 dan ini adalah satu dari sejumlah lokasi yang digunakan (vaksinasi anak) di Jakarta hari ini. Jakarta ada 44 kecamatan, dan kita menyelenggarakan satu sekolah per kecamatan. Nantinya, kita akan laksanakan di semua tempat," kata Anies, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Selasa (14/12).

Anies memaparkan, per hari ini di Jakarta, ada 10 ribu anak usia 6-11 tahun yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Sedangkan total anak usia 6-11 tahun yang terdaftar di dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) berjumlah 1,1 juta.

Baca juga : Besok, Vaksinasi Covid Untuk Anak Usia 6-11 Tahun Sudah Bisa Dimulai

Mereka semua akan mendapatkan vaksinasi di tiga tempat, yakni sekolah, puskesmas dan rumah sakit serta sentra vaksinasi di komunitas.

"Kami mengajak seluruh orang tua di Jakarta untuk menyegerakan anak mendapatkan vaksin. Ikut lewat sekolah bisa, puskesmas atau rumah sakit bisa, kalau ada sentra vaksinasi datang, ajak anak-anak untuk ikut. Sehingga, kita dapat bersama-sama menyelamatkan anak kita di masa pandemi ini," pesan Anies.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga menegaskan, vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta terus dilakukan.

Per hari ini, total warga DKI yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama berjumlah 11,4 juta orang atau 136 persen dari target. Total dosis kedua adalah 9,4 juta orang atau 112 persen dari target.

Baca juga : Ini Dia Rekomendasi IDAI Untuk Vaksinasi Covid Pada Anak Usia 6 Tahun Ke Atas

Sementara dosis pertama lansia, mencapai 774 ribu atau 102 persen. Sedangkan dosis kedua, berjumlah 700 ribu atau 92 persen dari target.

Sedangkan kategori remaja usia 12-17 tahun untuk dosis pertama sudah mencapai 1,1 juta atau 114 persen, dan dosis kedua 967 ribu atau 97 persen dari target.

"Dengan capaian vaksinasi seperti itu dan kasus harian di kisaran 30, selama beberapa waktu ini kita bisa menyatakan bahwa kondisi di Jakarta adalah terkendali. Tapi, bukan berarti kita longgar protokol kesehatan. Ini harus tetap dijaga," tegas Anies.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menjelaskan bahwa Jakarta sudah memenuhi target, baik capaian vaksinasi dosis pertama maupun untuk lansia.

Baca juga : Bamsoet Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Purbalingga

"Untuk anak-anak, mulai hari ini dilakukan penyuntikan di 115 kabupaten/kota di 19 provinsi dengan kriteria bahwa kota/kabupaten tersebut mencapai 70 persen vaksinasi dosis pertama dan 60 persen vaksinasi lansia. Dari dua kriteria tersebut, barulah vaksinasi untuk anak-anak bisa dimulai," ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.