Dark/Light Mode

Yang Disasar 175, Yang Disuntik 190

Luar Biasa, Kick Off Vaksinasi Covid Usia 6-11 Tahun Di DKI Lampaui Target

Selasa, 14 Desember 2021 15:29 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SD Negeri Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat, Selasa (14/12). (Foto: Facebook)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di SD Negeri Cempaka Putih Timur 03, Jakarta Pusat, Selasa (14/12). (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan kebijakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun yang dimulai pada 14 Desember 2021. Menindaklanjuti rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) dan persetujuan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti, menambahkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak ini menggunakan vaksin Covid-19 Bio Farma dan/atau Coronavac, yang telah mendapatkan izin darurat atau Emergency Use Autorization (EUA).

Baca juga : Besok, Vaksinasi Covid Untuk Anak Usia 6-11 Tahun Sudah Bisa Dimulai

Vaksin diberikan sebanyak dua kali dengan interval minimal 28 hari dengan dosis 0,5 ml. Vaksinasi diberikan setelah melalui proses skrining kesehatan.

Widyastuti menyebut, vaksinasi Covid-19 bagi anak disambut baik oleh masyarakat. Salah satunya dapat terlihat pada Kick Off yang dilakukan di SDN Cempaka Putih Timur 03.

Baca juga : Ini Dia Rekomendasi IDAI Untuk Vaksinasi Covid Pada Anak Usia 6 Tahun Ke Atas

Jumlah siswa yang divaksin di hari pertama vaksinasi usia 6-11 tahun ini telah melebihi target yang ditetapkan. Dari target 175 siswa, sebanyak 190 siswa sudah divaksin.

"Anak-anak yang usianya telah memenuhi persyaratan untuk mendapat vaksin Covid-19 bisa datang ke lokasi vaksinasi, dengan didampingi oleh orang tua/wali. Jangan lupa membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan NIK anak. Pada kesempatan ini, Dinas Dukcapil DKI Jakarta juga menyediakan layanan pembuatan KIA," ujar Widyastuti.

Baca juga : Bamsoet Dorong Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Purbalingga

Vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun ditujukan untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak yang terinfeksi Corona, mencegah penularan pada anggota keluarga/saudara yang belum dapat divaksinasi atau yang mempunyai risiko terinfeksi, mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, meminimalisir penularan di sekolah/satuan pendidikan, serta mempercepat tercapainya herd immunity. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.