Dark/Light Mode

Asyik... Nikah Di Jakarta Langsung Dibikinin KTP Baru Dan KK

Minggu, 26 Desember 2021 19:46 WIB
Kepala Dinas Dukcapil DKI Budi Awaluddin (Foto: Jakarta Pedia)
Kepala Dinas Dukcapil DKI Budi Awaluddin (Foto: Jakarta Pedia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memberi kemudahan bagi warga yang hendak menikah dalam pengurusan berkas kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta bersama Kantor Kementerian Agama Jakarta Selatan, melaksanakan Grand Launching Pengintegrasian Data Kependudukan Pasca-Pelaksanaan Pernikahan. Acara ini digelar di Kantor Urusan Agama (KUA) Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Budi Awaluddin mengatakan, selama ini, meski sudah menikah, status di KTP tidak berubah jika tidak mengurus sendiri ke Dinas Dukcapil. Namun, kini tidak lagi. Status warga yang sudah menikah akan langsung berubah dan diberikan KTP baru. Mereka juga akan mendapatkan Kartu Keluarga (KK) atas pernikahan itu.

Baca juga : Ingin Bangun Pusat Latihan Wushu Di Jakarta, Airlangga Diapresiasi Menpora Dan Gubernur DKI

"Mulai hari ini, data layanan sudah terintegrasi. Sehingga, begitu masuk data ke KUA untuk melakukan permohonan pernikahan, langsung terkoneksi ke Sudin Dukcapil setempat dan status di KTP-nya berubah menjadi nikah," kata dia, dalam keterangan tertulis di PPID.jakarta.go.id, Minggu (26/12).

Tidak hanya yang menikah, warga yang mengajukan perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Selatan pun akan menikmati layanan tersebut. "Ini merupakan bagian dari ikhtiar Pemprov DKI Jakarta untuk memberikan pelayanan membahagiakan dan menyenangkan bagi masyarakat," katanya.

Baca juga : Andrea Dian, Pacaran Tiga Bulan Langsung Dilamar

Menurut Budi, alur birokrasi saat ini harus dipangkas untuk memberikan nilai lebih bagi warga Jakarta. Budi juga meminta warga untuk melapor ke Dinas Dukcapil jika ada oknum petugas melakukan pungli. Dia berjanji, akan menindak tegas oknum petugas yang masih memakai cara lama seperti itu.

"Hal ini bagian dari komitmen kami kepada masyarakat dalam memberikan layanan yang mudah, ramah, dan inovatif," lanjut  Budi.

Baca juga : Anjing Peliharaan Diberi Makan Lobster Dan Wagyu

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin mengapresiasi adanya layanan ini. Dia berharap, layanan seperti ini juga bisa dilakukan pada pengurusan administrasi lainnya. Seperti  BPHTB dan PBB.

"Semoga program seperti ini dapat ditiru juga pada layanan-layanan lainnya. Sehingga masyarakat merasakan lebih terlayani ke depannya," ujarnya. [DRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.