Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan Selama G20

Senin, 14 Februari 2022 17:11 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memberikan keterangan pers soal persiapan G20 di Jakarta.
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memberikan keterangan pers soal persiapan G20 di Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya (PMJ) memastikan tidak ada penutupan ruas jalan selama pelaksanaan Presidensi G20 Finance Meeting 2022 yang akan berlangsung di Jakarta mulai Selasa (15/2). “Kami tidak melakukan penutupan jalur," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Senin (14/2). 

Sambodo mengatakan, penutupan arus hanya dilakukan saat kontingen delegasi melintas, dan saat-saat tertentu menurut kepentingan petugas. Oleh karena itu, lanjut Sambodo, Jalan Asia Afrika, Jalan Pemuda kemudian seputaran Gelora Bung Karno (GBK) masih bisa dilalui masyarakat. 

"Rute pengamanan sepanjang jalan sepanjang tol itu juga tidak dilakukan penutupan hanya dilakukan prioritas saat delegasi melintas," katanya. 

Baca juga : KPK Buka Seleksi 11 Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Dan Pratama

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1994 itu mengatakan, anak buahnya juga dikerahkan untuk pengawalan mulai dari bandara saat para delegasi datang.  Lalu, pengamanan terhadap kontingen delegasi menuju akomodasi di Hotel Fairmont dan Hotel Mulia. "Kemudian pengamanan di venue. Acara di Plaza JCC, acara dinner di pelataran GBK," kata Sambodo. 

Sementara Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo mengatakan, pihaknya menerjunkan 547 personel gabungan untuk mengamankan acara internasional tersebut.

“Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta menggelar pengamanan Presidensi G-20 Finance Meeting 2022, yang melibatkan pengamanan 547 personel Polri dan TNI serta Pemda," kata dia.

Baca juga : Hindari Motor, Bus Transjakarta Tabrak Pembatas Jalan Di Duren Sawit

Menurut Hendro, ada 26 obyek yang akan dijaga. Mulai dari pengamanan jalur, tempat penginapaan peserta, area dan luar gedung JCC senayan serta beberapa obyek lain.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Endra Zulpan juga menyampaikan bahwa pengamanan nantinya akan turut ditempatkan mulai dari bandara, hotel-hotel tempat penginapan, sampai lokasi di JCC Senayan. "Kegiatan pengamanan mulai dari kedatangan di bandara dengan sampai di objek di hotel," imbuhnya.

Menurutnya, pelaksanaan pengamanan telah berjalan sesuai rencana hasil dari koordinasi dengan pihak Staf Khusus Menteri Keuangan (Menkeu), termasuk Deputi Keuangan Bank Central dan Gubernur Bank Central.

Baca juga : Soal Sengketa Aset Di Malang, BPN Pastikan Tak Ada Kasus Mafia Tanah

"Koordinasi sudah bagus sekali mudah-mudahan kita bisa melaksanakan dengan baik. Yang hadir ada 106 delegasi invising dan 340 yang melalui virtual," ujarnya.

Sekedar informasi, ada 20 negara yang tergabung dalam G20 itu antara lain Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Argentina, Brazil, Inggris, Jerman, Italia, Prancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, China, Jepang, Korea Selatan, India, Indonesia, Australia, dan Uni Eropa. [DRS]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.