Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Kedua Lebaran

Warga Serbu Taman Impian Jaya Ancol

Selasa, 3 Mei 2022 19:44 WIB
Taman Impian Jaya Ancol. (Foto: Humas Anco)
Taman Impian Jaya Ancol. (Foto: Humas Anco)

RM.id  Rakyat Merdeka - Taman Impian Jaya Ancol diserbu 65 ribu pengunjung pada hari kedua Lebaran 2022, Selasa (3/4). Angka ini meningkat hingga 58,46 persen dibanding hari H, Senin (2/3).

"Kemarin 38.000. Hari ini pukul 16.00 WIB, pengunjung yang datang mencapai 65.000," ujar Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol, Ariyadi Eko Nugroho seperti dikutip Antara, Selasa (3/4).

Di jam tersebut, pengunjung yang sudah keluar di dua ribu orang.

Berdasarkan laporan kedatangan pengunjung pukul 16.00 WIB, kendaraan yang melalui pintu masuk Ancol pada Selasa sebanyak delapan ribu mobil dan 5.700 sepeda motor.

Jika dibandingkan dengan hari H Lebaran 2021 lalu, pengunjung Ancol hari H tahun ini meningkat 19 persen.

Baca juga : Hari Kedua Lebaran, Sandi Nyetir Sendiri

"Ini lebih tinggi jika kita bandingkan ke hari H Lebaran tahun lalu, tahun lalu itu 32 ribu orang dalam sehari. Tahun ini, kemarin totalnya ada 38 ribu," ujar Eko.

Untuk mengurai antrean di pintu masuk gerbang, Ancol sudah memberitahukan pengunjung agar dapat memasuki kawasan melalui lima pintu gerbang yang dibuka selama pekan Lebaran. Yakni Gerbang Timur, Gerbang Barat, Gerbang Marina, pintu gerbang busway khusus pejalan kaki dan pintu gerbang selatan.

Eko mengatakan, calon pengunjung yang akan ke Ancol juga sangat diimbau untuk bisa membeli tiket melalui www.ancol.com, maksimal H-1 sebelum kedatangan.

Hal itu sebagai upaya mencegah pengunjung membeludak hingga melebihi kapasitas 75 persen yang diperbolehkan dalam aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 di tempat wisata.

Kendati 75 persen kapasitas Ancol itu berarti sekitar 90 ribu orang. Tapi, Ancol menargetkan kuota awal pengunjung itu berkisar di angka 55 ribu orang.

Baca juga : Hari Kedua Lebaran, 2.000 Wisatawan Berlibur Ke Kepulauan Seribu

Pada saat 55 ribu pengunjung di dalam Ancol ini ada yang sudah keluar, nanti Ancol akan membuka lagi kapasitasnya sesuai dengan jumlah pengunjung yang keluar.

Eko mengatakan, Ancol juga melakukan rekayasa lalu lintas di dalam kawasan Ancol. Semua pengunjung diarahkan dulu ke arah barat atau ke arah Dunia Fantasi (Dufan), baru setelah itu bisa memasuki kawasan pantai timur Ancol.

Dinas Perhubungan turut menyediakan bantuan berupa kendaraan derek untuk memindahkan kendaraan yang terparkir tidak pada tempatnya agar tidak menghalangi kendaraan lain.

"Kami akan memindahkan atau menderek mobil tersebut ke area parkir yang disediakan di dalam kawasan Ancol," kata Eko.

Ancol juga mengoperasikan Bus Wara Wiri dan Kereta Wisata Sato-sato untuk melayani pengunjung yang tidak membawa kendaraan. Kendaraan itu beroperasi sepanjang hari.

Baca juga : Hari Ke-2 Lebaran, Menhub Blusukan Ke Pelabuhan Muara Angke

Ada 10 unit per hari Bus Wara Wiri yang akan mengantarkan pengunjung dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Sedangkan Kereta Wisata Sato-sato ada empat rangkaian yang akan mengantarkan pengunjung dari pantai timur ke Dufan.

"Dua-duanya (Wara Wiri dan Sato-sato) itu fasilitas 'free' bagi semua pengunjung," kata Eko. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.