Dark/Light Mode

Diikuti 471 Siswa, Wakapolda Metro Buka Diktuk Bintara Polri

Senin, 25 Juli 2022 13:12 WIB
Foto: Dok. Polda Metro
Foto: Dok. Polda Metro

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol. Hendro Pandowo secara resmi membuka Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri tahun ajaran 2022 ditandai penyematan tanda pangkat siswa.

Acara pembukaan ini digelar secara langsung di lapangan Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) Polda Metro Jaya, Senin (25/7).

Diktuk Bintara di SPN Polda Metro Jaya ini diikuti oleh 471 siswa.

"Selamat datang di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, tempat para siswa akan dididik, ditempa dan dilatih untuk menjadi insan Tribrata yang profesional, bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik,” ujar Hendro dalam sambutannya, Selasa (25/7).

Baca juga : Di Y20 Summit, Puan Ajak Kaum Muda Jadi Agen Pembangunan Di Bidang Politik

Peserta Diktuk Bintara Gelombang II 2022 ini, sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi.

“Keberhasilan yang telah saudara raih ini, merupakan berkah dan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, serta hasil dari perjuangan panjang dan buah dari ketekunan, keuletan, dan kesungguhan saudara, yang juga tentunya tidak lepas dari doa dan dukungan orang tua dan keluarga," ujar Hendro.

Ia berpesan, agar para peserta memanfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu dengan belajar serta berlatih secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab.

"Para peserta didik tentunya akan dihadapkan dengan berbagai rangkaian kegiatan pendidikan dan latihan yang cukup berat dan melelahkan, namun dengan tekad yang kuat saya meyakini, bahwa kalian akan dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pendidikan ini dengan baik," ujarnya.

Baca juga : KIB Menang Di Udara

Lebih lanjut Hendro mengatakan, Diktuk Bintara ini diselenggarakan dalam dua gelombang dengan lama pendidikan setiap gelombang selama lima bulan.

Gelombang II yang dibuka pada hari ini, kata dia, diselenggarakan secara serentak di Sepolwan, Pusdik Brimob dan Pusdik Polair Lemdiklat Polri serta di 31 Sekolah Polisi Negara Polda dengan jumlah peserta didik sebanyak 10.502 orang.

“Yang terdiri dari Diktuk Bintara pria sebanyak 10.002 orang dan Diktuk Bintara wanita sebanyak 500 orang," imbuhnya.

Sesuai dengan kebijakan Kapolri dalam transformasi Polri yang presisi, pendidikan menjadi aspek penting dalam mempersiapkan SDM Polri yang unggul di era police 4.0, yang mampu menjawab tantangan kekinian di era digitalisasi serta tuntutan pelayanan masyarakat.

Baca juga : Lokasi SIM Keliling Polda Metro 5 Juli, Cek Di Sini

Karena itu, Diktuk penting di mana para Bintara merupakan garda terdepan dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Hendro berharap, kemampuan dan perilaku para Bintara di lapangan akan menentukan wajah Polri dan tingkat kepercayaan masyarakat.

Proses pendidikan yang relatif singkat ini harus dirancang secara baik dan benar. Dengan prinsip mengutamakan kualitas dan memberikan porsi yang lebih besar kepada kegiatan praktek kerja lapangan. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.