Dark/Light Mode

Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 4.9, Tak Berpotensi Tsunami

Sabtu, 27 Juli 2019 12:36 WIB
Ilustrasi gempa. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi gempa. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4.9 mengguncang wilayah Kabupaten Pangandaran Jawa Barat, Sabtu (27/7)  pukul 10.44 WIB dengan kedalaman 12 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang diterima di Jakarta, Sabtu (27/7) pusat gempa terletak di laut pada koordinat 8.41 lintang selatan 108.43 bujur timur pada jarak 78 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran Jawa Barat.

Baca juga : Gempa 4,8 SR Guncang Kabupaten Kaimana, Tak Berpotensi Tsunami

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho mengatakan gempa bumi yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menghujam ke bawah Lempeng Eurasia.

Berdasarkan dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran Jawa Barat dengan skala intensitas III MMI dan di Cilacap Jawa Tengah dengan skala intensitas II MMI.

Baca juga : Tak Timbulkan Dislokasi di Dasar Laut, Gempa Bali Tidak Berpotensi Tsunami

Namun sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

"Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut," kata Hendro.

Baca juga : Bali Diguncang Gempa 6 SR, Tak Berpotensi Tsunami

Hendrp meminta agar masyarakat hanya memastikan informasi resmi gempa bumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 hanya bersumber dari BMKG. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.