Dark/Light Mode

Pagi Ini, Maluku Digoyang Gempa 3 Kali, Tidak Berpotensi Tsunami

Minggu, 28 Juli 2019 09:25 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa berkekuatan 3,9 Skala Richter (SR) kembali mengguncang Labuha, Maluku Utara, Minggu (28/7) pukul 09.31 WIT. Gempa berkedalaman 69 km itu berlokasi di 3,9 Lintang Selatan - 129,54 Bujur Timur. Jaraknya 58 km arah  Selatan Tehoru, Maluku Tengah, atau 80 km Barat Laut Banda, Maluku Tengah.

Baca juga : Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo 4.9, Tak Berpotensi Tsunami

Sebelumnya, pada pukul 09.17 WIT, gempa juga mengguncang Labuha, Maluku Utara. Gempa tersebut berlokasi di 0,55 LS-127,41 BT. Jaraknya, 14 km arah Barat Laut Labuha, atau 92 km arah Utara Obi, Maluku Utara. Gempa berkekuatan 3,3 SR, berada di kedalaman 10 km.

Baca juga : Pagi Ini, Mahfud MD dan Karni Ilyas Jadi Saksi Nikah Anaknya Sudjiwo Tedjo

Lima menit sebelumnya, tepatnya pada pukul 09.12 WIT, Labuha juga diguncang gempa berkekuatan 3,9 SR. Gempa yang berjarak 9 km arah Barat Laut Labuha, atau 87 km Utara Obi. Gempa berkedalaman 10 km, dirasakan di Labuha dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) II-III. 

Baca juga : Gempa 4,8 SR Guncang Kabupaten Kaimana, Tak Berpotensi Tsunami

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, serangkaian gempa ini tidak berpotensi tsunami. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.