Dark/Light Mode

Gempa Banten, Jokowi Perintahkan BNPB Bertindak Cepat

Sabtu, 3 Agustus 2019 00:28 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Twitter Jokowi)
Presiden Jokowi (Foto: Twitter Jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengarahkan petugas penanggulangan bencana dan aparat keamanan untuk bertindak cepat menanggulangi dampak gempa bumi yang berpusat di Sumur Banten, Jumat malam. Presiden semuanya tertangani dengan baik.

"Saya sudah perintahkan kepada BNPB, TNI, dan Polri serta Menteri Sosial untuk bertindak cepat apabila ada hal yang memang harus kita bergerak," kata Jokowi, usai menyaksikan pentas wayang kulit di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat malam (2/8) seperti dikutip antaranews.com.

Baca juga : Gempa Banten, MDMC Siagakan Personel

Jokowi menegaskan, Pemerintah Pusat terus memantau upaya mitigasi di lapangan. Ia berharap, keadaan masyarakat di kawasan terdampak dalam kondisi baik.

"Yang paling penting seluruh masyarakat tetap berhati-hati dan juga tetap waspada," kata dia.

Baca juga : Pasca Gempa Banten, 7 Rumah di Cianjur dan Bandung Barat Rusak Berat

Untuk saat ini, Pemerintah masih mendata dampak akibat gempa bumi tersebut. "Tadi kami monitor, cek di lapangan sampai saat ini belum ada. Jadi laporan terakhir kerusakan-kerusakan kecil, tapi sekarang ini karena kondisi malam hari, moga-moga tidak ada," kata Jokowi.

Sebelumnya terjadi gempa bumi di barat daya Sumur, Banten pada pukul 19:03 WIB dengan kekuatan 6,9 skala Richter. Di awal gempa, BMKG sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami. Dua setengah jam kemudian, peringatan itu dicabut. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.