Dark/Light Mode

Pasca Gempa 7,4 SR Banten, Wilayah Ini Berpotensi Tsunami

Jumat, 2 Agustus 2019 19:31 WIB
Ilustrasi gempa (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gempa (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melalui Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) memberikan peringatan dini tsunami untuk wilayah: Banten, Bengkulu, Jawa Barat, dan Lampung.

Peringatan dini ini diberikan, menyusul gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) pada Jumat (2/8) pukul 19:03:21 WIB, yang mengguncang wilayah Sumur, Banten.

Baca juga : Gempa 7,4 SR Guncang Banten, Berpotensi Tsunami

Pusat gempa yang berlokasi di koordinat 7.54 LS, 104.58 BT itu berjarak 147 km arah Barat Daya Sumur, dan berkedalaman 10 km.

Dalam situs resminya, www.inatews.bmkg.go.id, InaTEWS menyebutkan daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan adalah sebagai berikut:  

Baca juga : Perempuan Muhammadiyah Ikut Andil dalam Ekspedisi Destana Tsunami

Status Siaga (potensi tsunami ketinggian 0,5-3 m): PANDEGLANG BAGIAN SELATAN (BANTEN), PANDEGLANG PULAU PANAITAN (BANTEN), LAMPUNG-BARAT PESISIR-SELATAN (LAMPUNG) 

Status Waspada (potensi tsunami ketinggian 0-0,5 m): PANDEGLANG BAGIAN UTARA (BANTEN),  LEBAK (BANTEN), TANGGAMUS PULAU TABUAN (LAMPUNG), SUKABUMI UJUNG-GENTENG (JABAR), TANGGAMUS BAGIAN TIMUR (LAMPUNG), LAMPUNG-SELATAN KEP. KRAKATAU (LAMPUNG), LAMPUNG-SELATAN KEP. LEGUNDI (LAMPUNG), LAMPUNG-BARAT PESISIR-TENGAH (LAMPUNG), LAMPUNG-BARAT PESISIR-UTARA (LAMPUNG), BENGKULU-UTARA PULAU ENGGANO (BENGKULU), KAUR (BENGKULU), LAMPUNG-SELATAN KEP. SEBUKU (LAMPUNG), BENGKULU-SELATAN (BENGKULU), SERANG BAGIAN BARAT (BANTEN), SELUMA (BENGKULU).

Baca juga : Temui Jokowi, SoftBank Tambah Investasi Rp 28 T

Pemerintah Propinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status "Siaga" diminta untuk memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi. 

 Sedangkan Pemerintah Propinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Waspada", diimbau untuk memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat, untuk menjauhi pantai dan tepian sungai. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.