Dark/Light Mode

Gempa Banten, MDMC Siagakan Personel

Jumat, 2 Agustus 2019 23:13 WIB
Logo MDMC (Foto: Istimewa)
Logo MDMC (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) menyikapi kejadian gempa 6,9 SR yang disusul peringatan dini tsunami. MDMC Banten menyiagakan personel dan mengimbau masyarakat menjauh wilayah pantai.

Ketua MDMC Banten, Bambang, menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan Kepala Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, Banten, terkait gempa itu. Dari informasi yang disampaikan Kepala Desa Cigorondong, warga yang mukim di daerah pantai sekitar Sumur telah mengungsi. Hal ini berkaitan dengan pengalaman tsunami pada Desember 2018.

Baca juga : Pasca Gempa Banten, 7 Rumah di Cianjur dan Bandung Barat Rusak Berat

Dalam laporannya, Bambang menyampaikan bahwa air laut daerah Sumur sampai dengan pukul 20:00  WIB masih aman. “Tak ada tanda-tanda air naik,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat malam (2/8).

Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan, terus mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Masyarakat juga diimbau menyimak informasi resmi dari pemerintah dan tidak mudah percaya pada berita hoaks.  

Baca juga : Peringatan Tsunami Gempa Banten Berakhir

Saat ini, BMKG juga telah mencabut peringatan dini tsunami itu. Meski demikian, MDMC Banten tetap bersiaga dan menyiapkan personel di bawah koordinasi Siti Noviyanti. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.