Dark/Light Mode

Bangun Sodetan Kali Ciliwung

Pj Gubernur Jakarta Gercep Tangani Banjir

Minggu, 4 Desember 2022 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Kamis (1/12). (Foto: Dok. Pemprov DKI).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Kamis (1/12). (Foto: Dok. Pemprov DKI).

 Sebelumnya 
Selanjutnya, memperbanyak luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) baru agar daerah resapan air semakin luas. “Jadi, semakin banyak air yang dapat diserap ke tanah,” pungkasnya.

Untuk mengatasi banjir yang disebabkan luapan Ciliwung, Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian PUPR membangun terowongan atau sodetan dari Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT).

Pada 2021, proyek sodetan Ciliwung dilanjutkan sepanjang 549 meter. Sehingga, total panjang sodetan nantinya 1,26 kilometer.

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 4 Desember, Hadir Di 2 Lokasi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memastikan percepatan proyek pembangunan sodetan ini berjalan baik. Diharapkan, pengerjaannya dapat selesai tepat waktu dan sesuai rencana.

Heru menyebut, ada dua outlet atau lokasi Sodetan Kali Ciliwung, yakni di Jalan Otista Raya dan Jalan Kebon Nanas, Jakarta Timur.

“Nanti berfungsi sekitar Februari-Maret, paling lambat April 2023. Reduksi banjir itu sekitar 200 hektar. Ini fungsinya 60 meter kubik per detik reduksi. Mudah-mudahan bisa mengurangi banjir di sisi utara Jakarta,” kata Heru saat meninjau proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Kamis (1/12).

Baca juga : SIM Keliling Jakarta 3 Desember, Hadir Di 5 Lokasi

Heru juga memastikan, proses pembebasan lahan berjalan baik dan sesuai aturan.

“Pembebasan lahan sudah selesai. Ini tinggal di bawah tanah untuk pembebasan di area ujung, di Kebon Nanas. Para pihak (pemilik bangunan dan lahan) sudah memahami dan mengetahui keinginan Pemprov DKI, dan tentunya sudah diukur juga,” ujarnya.

Heru menerangkan, Pemprov DKI Jakarta menangani kebijakan administratif, yaitu penetapan lokasi dan sosialisasi kepada pemilik bangunan atau lahan.

Baca juga : Layanan SIM Keliling Jakarta 2 Desember, Hadir Di 5 Lokasi

“Biaya proyek dan dukungan, sarana prasarana yang lain, itu (kewenangannya) di Kementerian PUPR,” terang Heru.

Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia menjelaskan, saat ini perkembangan pembangunan Sodetan Kali Ciliwung sudah mencapai 62 persen.

Menurutnya, kontrak pengerjaan proyek Sodetan Kali Ciliwung itu sampai Agustus 2023, tetapi dapat diselesaikan lebih cepat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.