Dark/Light Mode

Malam Ini, Bantul Digoyang Gempa 5,1 SR

Sabtu, 10 Agustus 2019 23:05 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul melaporkan, warga merasakan guncangan gempa pada malam ini, Sabtu (10/8), pukul 20.26 WIB.

Gempa berskala 5,1 Skala Richter (SR) terjadi pada Sabtu (10/8), pukul 20:26:41 WIB. Gempa dengan kedalaman 10 km itu dirasakan warga di Kecamatan Kretek dan Sanden, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Warga di wilayah tersebut merasakan getaran sedang hingga kuat sekitar 4 – 5 detik.

Baca juga : Tasikmalaya Diguncang Gempa 4 SR

Beberapa warga di wilayah lain di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Sambisari, Kalasan, dan Purwomartani merasakan getaran sekitar 1-2 detik.

BMKG merilis, gempa tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada 105 km barat daya Bantul, Yogyakarta.

Baca juga : Tahun Ini, PDB Pertanian Tumbuh Lampaui Target

Pusdalops BPBD Kabupaten Bantul telah melakukan pemantauan di wilayah selatan melalui alat komunikasi radio.

Sampai saat ini, belum ada laporan dampak gempa tersebut. Maksimal goncangan gempa yang terjadi, diprediksi sebesar III MMI (lemah). Sehingga, kemungkinan besar, tidak terjadi kerusakan yang berarti. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.