Dark/Light Mode

Tingkatkan Keselamatan Pemudik

Dishub DKI Gelar Uji KIR Keliling Ke Terminal AKAP

Minggu, 26 Maret 2023 07:30 WIB
Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo. (Foto: Ist).
Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo. (Foto: Ist).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menggelar layanan Uji KIR Keliling dalam rangka menyambut Mudik Lebaran Tahun 2023 di sejumlah terminal Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) di Ibu Kota. Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan keselamatan pemudik.

Kepala Dishub DKI Syafrin Liputo mengatakan, layanan Uji KIR Keliling ini dilakukan untuk memastikan kendaraan yang akan mengangkut pemudik memenuhi unsur keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Petugas Di­shub DKI akan memastikan per­syaratan teknik laik jalan dengan kegiatan ramp check.

Syafrin menjelaskan, apabila masa berlaku Uji KIR habis, pemilik kendaraan akan diarah­kan petugas untuk mengurus perpanjangan Uji KIR melalui Layanan Uji KIR Keliling di lokasi terminal pemberangkatan.

Baca juga : DKI Terus Benahi Kabel Udara Semrawut

“Pemilik kendaraan dapat mendaftarkan kendaraannya me­lalui online dan melakukan pem­bayaran dengan metode Cash­less untuk mengikuti layanan Uji KIR Keliling,” ujar Syafrin di Jakarta, Jumat (24/03).

Dalam uji berkala keliling, papar Syafrin, akan diperiksa sembilan sistem komponen uji dengan dukungan peralatan se­cara mobile yang sudah terinte­grasi dengan Kementerian Per­hubungan (Kemenhub) secara komputerisasi. Dengan sistem tersebut, pemilik kendaraan dapat menerima hasil uji berupa Bukti Lulus Uji Elektronik (Smartcard) di tempat pengujian secara langsung.

Ramp check ini dilakukan oleh petugas Dishub DKI untuk memastikan pengujian persyaratan teknis dan laik jalan ber­jalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku seperti pada Un­dang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Baca juga : Srikandi Ganjar Gelar Kegiatan Catwalk Dan Fashion Show

Layanan Uji KIR Keliling akan digelar di Terminal Kam­pung Rambutan, Terminal Terpadu Pulogebang, Terminal Tanjung Priok, Terminal Kali­deres, Terminal Lebak Bulus dan seluruh terminal yang akan melayani Mudik Gratis Tahun 2023 menggunakan bantuan Bus Pariwisata dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Saat ini, DKI Jakarta memiliki enam unit Fasilitas layanan Uji KIR Keliling. Setelah kegiatan arus mudik selesai, layanan tersebut nanti akan diperuntukan untuk uji berkala di lokasi yang telah ditetapkan. Program ini un­tuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna kenda­raan wajib uji, seperti mobil penumpang umum, mobil bus, mobil barang, kereta tempelan dan kereta gandengan.

“Dishub berkomitmen terus untuk meningkatkan layanan melalui tambahan kapasitas fasilitas lajur uji non statis di seluruh Provinsi DKI Jakarta,” jelasnya.

Baca juga : Erick Thohir Dapat Dukungan Dari Ratusan Warga Cimahi Maju Ke Pilpres 2024

Pengamat Transportasi seka­ligus Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Djoko Setijowarno mengatakan, untuk perjalanan mudik menuntut kondisi kendaraan yang prima untuk mencapai tujuan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.