Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tingkatkan Kualitas Kesehatan Dan Pendidikan Di Papua Lewat Program Kitorang Melihat Terang Di Ufuk Timur

Selasa, 7 Februari 2023 15:26 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Permasalahan kualitas kesehatan dan pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) yang dialami Provinsi Papua, menjadi tanggung jawab kita bersama untuk segera diselesaikan.

Berdasarkan kajian yang dirilis oleh Program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (Kompak) yang bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan bahwa pelayanan kesehatan dan pendidikan di daerah Papua selama dua puluh tahun tidak menunjukan adanya pemerataan.

Berbagai faktor diduga menjadi penyebab lambatnya pemerataan kualitas kesehatan dan pendidikan di sana.

Mulai dari jumlah fasilitas kesehatan dan pendidikan yang belum mencukupi, jumlah tenaga kesehatan dan tenaga pendidik yang kurang hingga kendala sarana dan prasarana transportasi yang belum memadai.

Baca juga : Ganjar Launching Program Kancing Merah

Terkait masalah ini Presiden Joko Widodo secara khusus telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Kemudian, diwujudkan dalam berbagai program pembangunan dan bantuan sosial. Berdasarkan Instruksi Presiden ini, Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia (Setwapres) bersama dengan Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) menginisiasi program kemanusiaan dengan tema “Kitorang Melihat Terang di Ufuk Timur”.

Ini merupakan sebuah program untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan di daerah Papua. Kegiatan ini didukung Direktorat Jenderal Pajak Republik Indonesia (DJP-RI), Gabungan Perusahaan Farmasi Indonesia (GPFI), Perkumpulan Sosial Himpunan Bersatu Teguh (HBT), Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), ERHA Clinic Indonesia dan lainnya. 

Kegiatan dimulai sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2023 di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah. Kegiatan "Kitorang Melihat Terang di Ufuk Timur" dimulai dari Operasi Katarak dengan target sebanyak 400 mata.

Baca juga : Srikandi Ganjar Kalbar Gelar Seminar Public Speaking

Kemudian, dilanjutkan dengan pembagian obat cacing dan vitamin kepada lebih dari 5.000 anak-anak, serta pembagian sembako dan selimut bagi masyarakat sekitar Kabupaten Puncak Jaya.

Bagi Kabupaten Puncak Jaya, kegiatan yang dipusatkan di RSUD Mulia Puncak Jaya menjadi kegiatan operasi katarak gratis pertama yang menggunakan metode modern dengan alat dan teknologi terbaru.

Yakni fakoemulsifikasi, dimana luka yang dihasilkan sangat minim sehingga proses pemulihan pasien dapat lebih cepat.

Penjabat Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah Tumiran berharap, program ini dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh Pemerintah Pusat atau Perusahaan Swasta lainnya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah.

Baca juga : Korupsi Pengadaan Kapal Di Kemenhan Diduga Rugikan Negara Puluhan Miliar

"Karena sangat jarang kegiatan seperti ini dilakukan di Kabupaten Puncak Jaya. Kami yakin dengan banyaknya program-program seperti ini akan terus membangkitkan semangat dan kecintaan kami untuk NKRI.” ujar Tumiran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.