Dark/Light Mode

LRT & Kereta Cepat Beroperasi Tahun Ini

Heru Pede Kemacetan Di Jakarta Bakal Susut

Selasa, 4 April 2023 07:30 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kempat kiri) berbincang dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kedua kiri) dan Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi (kelima kiri) saat meninjau penyelesaian peletakan rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Jumat (31/3/2023). (Foto: Antara).
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kempat kiri) berbincang dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kedua kiri) dan Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi (kelima kiri) saat meninjau penyelesaian peletakan rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Jumat (31/3/2023). (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
“Kereta cepat ini akan menjadi yang pertama di Asia Tenggara,” ujar Luhut.

KCJB akan hadir dengan banyak pilihan waktu perjalanan sehingga jarak Jakarta-Bandung akan ditempuh hanya dalam wak­tu 36 hingga 44 menit. Hadir dengan desain ruang yang lebih luas dan modern, KCJB akan memiliki tiga kelas dengan kapasitas total mencapai 601 penumpang. KCJB juga menyediakan ruang khusus untuk difabel.

Dipadukan dengan konsep Transit Oriented Development (TOD), stasiun kereta cepat akan mengakomodir sistem integrasi dengan berbagai pilihan moda transportasi untuk memudahkan mobilitas warga.

Baca juga : Darmadi: Tak Adil Bagi Buruh

Kehadiran KCJB dan LRT Ja­bodebek akan memperkuat eko­sistem transportasi seperti yang diharapkan Presiden Jokowi. Nantinya, penumpang KCJ Bbisa langsung menuju Dukuh Atas atau Bekasi menggunakan LRT Jabodebek melalui stasiun yang akan terintegrasi.

“Dengan terintegrasi, cost akan lebih murah dan perjalanan lebih cepat,” ujar Luhut.

Manager Public Relation LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, LRT Jabodebek akan beroperasi mulai pukul 05.00 WIBhingga pukul 23.27 WIB setiap hari. Dengan menggunakan LRT Jabodebek, perjalanan dari Stasiun Harjamukti, Cibubur menuju Stasiun Dukuh Atas, hanya membutuh­kan waktu 37 menit.

Baca juga : Heru Pastikan Pasokan Bahan Pokok Di Jakarta Aman 

Sementara itu, perjalanan dari Dukuh Atas menuju Sta­siun Jatimulya, Bekasi, hanya membutuhkan waktu 40 menit. Adapun waktu tunggu atau headway LRT Jabodebek dari Stasiun Dukuh Atas ke Stasiun Cawang 4 menit.

Moda transportasi itu memiliki lintasan sepanjang 44,43 km. LRTakan mengoperasikan 18 stasiun. Yakni, Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir, Cikunir I, Bekasi Barat dan Jatimulya.

Dari 18 stasiun itu, 7 di antaranya akan terhubung dengan wilayah komersial, KRL dan Transjakarta. Tujuh stasiun tersebut yakni pertama Stasiun Bekasi Timur/Jatimulya, akan tersambung area plaza dengan akses LRT City.

Baca juga : Partai Garuda: Petugas Jangan Dikte Masyarakat Lokal

Kedua, Stasiun Bekasi Barat, ada jembatan penyeberangan Revo Town Mall untuk menga­komodasi penumpang dari area Bekasi Selatan. Selain itu, akan dilakukan pengembangan area plaza stasiun langsung yang tersambung dengan rencana pembangunan Anwa Residences dan Apartemen Mutiara.

Ketiga, Stasiun Cikunir I, akan tersambung area concourse dengan rencana lobby aparte­men yang dibangun oleh Urban Jakarta Propertindo (UJP) dengan kompensasi pembangunan Laybay dan kiss and ride. Ke­empat, Stasiun TMII, LRT akan tersambung dengan rencana pembangunan mall dan pengem­bangan wilayah TOD Jasa Marga Related Business.

Kelima, Stasiun Harjamukti, akan tersambung area plaza sta­siun dengan akses jalan di LRT City. Keenam Stasiun Cawang. Mulai dari Stasiun Cawang sam­pai dengan Stasiun Dukuh Atas, seluruh halte Transjakarta mau­pun bus/angkutan feeder Jak­Lingko berada langsung di bawah stasiun LRT atau di dekat stasiun LRT Jabodebek. Dan, ketujuh Stasiun Dukuh Atas, terdapat bangunan Jembatan Penyeberangan Multi Guna yang dibangun untuk menyambungkan stasiun LRT Jabodebek dengan stasiun KRL Sudirman. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.