Dark/Light Mode

Gelar Jakarta Economic Forum 2023

BI DKI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Yang Inklusif Dan Berkelanjutan

Selasa, 31 Oktober 2023 13:39 WIB
Kantor Perwakilan Bank Indonesia BI DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarta Economic Forum JEF 2023. Kegiatan dengan format Policy Discussion bertema Strengthening Jakarta As Global City: Empowering Endowment And  Innovation For Sustainable Development ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023). (Foto: Ist)
Kantor Perwakilan Bank Indonesia BI DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarta Economic Forum JEF 2023. Kegiatan dengan format Policy Discussion bertema Strengthening Jakarta As Global City: Empowering Endowment And  Innovation For Sustainable Development ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan menjaga inflasi di Jakarta. Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarta Economic Forum (JEF) 2023. Kegiatan dengan format Policy Discussion bertema "Strengthening Jakarta As Global City: Empowering Endowment And  Innovation For Sustainable Development" ini digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023).

Kepala BI DKI Jakarta Arlyana Abubakar menuturkan, kegiatan ini tidak hanya bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi Jakarta yang tinggi, tapi juga inklusif dan berkelanjutan. Arlyana menyebut, pertumbuhan ekonomi yang baik didorong dengan stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan yang terjaga serta ekosistem digitalisasi serta sistem pembayaran yang kuat.

"Jakarta Economic Forum 2023 ini yang pertama kali kita selenggarakan. InsyaAllah ini menjadi upaya kita, bisa istiqomah dan akan berkelanjutan. Sehingga setelah ini kita akan banyak mendiskusikan berbagai isu-isu yang relevan, penting dan strategis untuk Jakarta," kata Arlyana dalam sambutannya.

Baca juga : Pemerintah Dorong Penguatan Ekonomi Digital dan Cetak Wirausaha Muda

Kegiatan JEF 2023 ini, lanjut dia, sinergi BI DKI Jakarta, Pemerintah Pusat, Pemprov DKI Jakarta, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta dan pemangku kepentingan lainnya dari berbagai kalangan.

"Harapannya berbagai pemikiran strategis yang kita diskusikan hari ini akan dapat jadi masukan yang bermanfaat bagi perumusan kebijakan yang lebih baik. Baik dalam jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Untuk bisa meningkatkan Jakarta sebagai kota global," ujarnya.

Meski pertumbuhan ekonomi dan inflasi Jakarta positif, Arlyana menilai, sinergi dan kolaborasi pentahelix harus terus dilakukan. Apalagi, pertumbuhan ekonomi global yang diprediksi akan melambat dan tantangan ke depan yang dihadapi Jakarta untuk menuju kota global.

Baca juga : Konferensi Investasi, BNI Investor Daily Summit 2023 Dorong Ekonomi Berkelanjutan

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati mengapresiasi JEF 2023 ini.

"Kami sangat terbuka diberikan masukan, bagaimana dan apa yang harus dilakukan," kata Sri mewakili Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Diakui Sri, pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang baik merupakan hasil kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak.

Baca juga : Kementan Dorong Penerapan Ketertelusuran Beras Berkelanjutan

"Alhamdulillah kemarin Jakarta mendapat (penghargaan sebagi) Tim Inflasi terbaik se-Jawa Bali," ucapnya.

Sri menyebut, berdasarkan data statistik ekonomi Jakarta dalam keadaan baik. Pada Triwulan II 2023, Jakarta berkontribusi 16,83 persen terhadap perekonomian nasional.

"Dengan peran yang besar ini, apa yang harus dilakukan Jakarta untuk membuat ekonomi Indonesia stabil dan inflasi terjaga, itu tantangan kita," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.