Dark/Light Mode

Anggota DPR Dukung PGEO Sediakan Energi Bersih Yang Berkelanjutan

Kamis, 5 Oktober 2023 19:45 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon . (Foto : Ist)
Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon . (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tampubolon mendukung langkah PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) dalam penyediaan energi bersih dan ramah lingkungan.

Ddiversifikasi sumber energi menurut Sondandi menjadi keharusan di negara ini. Dengan kepemimpinan yang kuat dalam industri energi panas bumi, dia yakin PGEO terus berkomitmen memanfaatkan potensi panas bumi Indonesia secara optimal guna menyediakan energi bersih dan ramah lingkungan.

"PGEO memiliki sumber daya yang memadai untuk mengoptimalkan perannya dalam penyediaan energi bersih dan ramah lingkungan di dalam negeri," kata Sondang Tampubolon dalam keterangan tertulisnya Kamis (5/10), di Jakarta.

Dijelaskan Sondang, saat ini perusahaan yang menekankan pada pengembangan, eksplorasi, dan produk energi panas Bumi di Tanah Air.

Baca juga : Airlangga Didatangi Mantan Anak Buah Kanselir Merkel, Tawarin Peluang Kerja Sama

PGEO memiliki kapasitas terpasang secara own operation sebanyak 672 MW, dan 1205 MW dari Joint Operation Contract (JOC) yang berasal dari 15 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) yang terbagi ke dalam 6 area operasi.

Sementara secara keseluruhan, area operasi perusahaan meliputi 13 wilayah kerja, yakni Kamojang, Karaha, Lahendong, Gunung Sibualu-Buali, Gunung Sibayak-Sinabung, Selanjutnya, Sungai Penuh, Hululais, Lumut Balai dan Margabayur, Way Panas, Pangalengan, Cibereum-Parabakti, Tabanan serta Seulawah.

"PGEO memiliki portofolio proyek yang luas dan beragam. Dengan teknologi canggih dan tim ahli yang berpengalaman, mereka mengelola rantai nilai produksi energi panas bumi mulai dari eksplorasi hingga distribusi," jelasnya.

Perusahaan juga menjalin kolaborasi dengan sejumlah pihak terkait, di antaranya pemerintah, lembaga penelitian, universitas, dan mitra industri guna mendorong inovasi dan pengembangan indutri energi panas Bumi yang lebih kokoh.

Baca juga : PPP Setia Bersama Banteng

Selain itu, perusahaan juga berinvestasi pada teknologi energi panas Bumi guna meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas. Hal ini bertujuan mengoptimalkan proses ekstraksi panas bumi dan mendorong kemajuan industri.

Selain teknologi, perusahaan juga menyediakan program pendidikan dan pelatihan guna mengembangkan tenaga kerja yang terampil dan terlatih di bidang energi panas Bumi.

Subholding Pertamina NRE itu juga memperhatikan aspek lingkungan dan sosial, yang terlihat pada upaya perusahaan untuk melibatkan komunitas lokal, melestarikan lingkungan, serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab.

Dengan menggantikan sumber energi konvensional, energi panas bumi yang dihasilkan oleh perusahaan ini memiliki dampak positif dalam mengatasi perubahan iklim global. 

Baca juga : DPR Dukung PGEO Tetap Jadi Motor Penggerak Transformasi Energi Bersih

"Melalui inovasi terus menerus dan kolaborasi lintas sektor, PGEO terus berusaha untuk menjadi pemimpin dalam penyediaan energi berkelanjutan dan berwawasan lingkungan di Indonesia," sebut Sondang Tampubolon.

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) merupakan sebuah perusahaan energi yang berfokus pada pengembangan, eksplorasi, dan produksi energi panas bumi di Indonesia. 

Sebagai bagian dari kelompok usaha PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE), perusahaan ini memiliki peran strategis dalam mendukung diversifikasi sumber energi dan keberlanjutan di negara ini.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.