Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Dermaga Multipurpose Pelabuhan Kendal Resmi Beroperasi

Kamis, 17 Oktober 2019 20:58 WIB
Dermaga Multipurpose Pelabuhan Kendal (Foto: Dok. Ditjen Hubla)
Dermaga Multipurpose Pelabuhan Kendal (Foto: Dok. Ditjen Hubla)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dermaga Multipurpose Pelabuhan Kendal yang memiliki panjang 218 meter resmi dioperasikan Rabu (16/10) yang ditandai dengan pemecahan kendi di Polder oleh Bupati Kendal Mirna Annisa. Dalam acara tersebut, dilakukan juga penyandaran pertama kapal tongkang TK. Nusantara V serta TB. DKU Dwitya.

"Saya berharap dengan beroperasinya dermaga ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jawa tengah sebagaimana diamanatkan oleh Presiden Republik Indonesia bahwa pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah harus mencapai 7 persen," ungkap Mirna Annisa, di Kendal, Rabu (16/10).

Baca juga : Menaker Minta Perubahan Ketenagakerjaan Direspon Cepat

Berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan nomor KP.432 Tahun 2017 tentang Rencana Induk, Pelabuhan Kendal merupakan pelabuhan pengumpan regional. Ada pun dermaga multipurpose yang dibangun sejak tahun 2011 hingga tahun 2017 ini mempunyai jalan sepanjang 132 meter x 10 meter. Sedangkan jalan menuju dermaga 22 meter x 10 meter.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Ahmad Wahid mengatakan, dioperasikannya dermaga multipurpose Pelabuhan Kendal sangat membantu ekonomi sekitar. Pelabuhan ini menjadi alternatif aktivitas bongkat muat kapal yang selama ini dilakukan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Baca juga : Pebulutangkis Muda Siap Perebutkan 4 Piala Beregu Bergengsi

"Kami menyambut gembira dengan beroperasinya dermaga multipurpose Pelabuhan Kendal pada hari ini dengan harapan pelabuhan Kendal dapat menjadi alternatif bagi aktivitas pelayaran termasuk kegiatan bongkar muat kapal yang selama ini dilakukan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang nantinya dapat mendorong tercapainya 7 persen pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah," kata Wahid. [USU]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.