Dark/Light Mode

Libur Lebaran Usai, Puncak Arus Balik Di Terminal Pulogebang Diprediksi 17 April

Senin, 15 April 2024 14:00 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

RM.id  Rakyat Merdeka - Puncak arus balik Lebaran di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, diperkirakan terjadi pada tujuh hari setelah Lebaran (H+7) atau Rabu (17/4/2024).

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Terminal Terpadu Pulogebang Hendra Kurniawan mengatakan, bus yang mengangkut para pemudik dari timur atau barat sudah mulai berdatangan ke Pulogebang, sejak Minggu. Peningkatan bus yang datang cukup signifikan. 

Menurut Hendra, arus balik yang sudah mulai terlihat kedatangannya ini karena menjelang akhir libur Lebaran 2024 sehingga pemudik sudah mulai berdatangan kembali ke Jakarta untuk melakukan aktivitasnya seperti sekolah dan bekerja.

Baca juga : Kendaraan Pemudik Meningkat, Puncak Arus Mudik Di Bakauheni Masih Terkendali

"Kalau sesuai prediksi kami puncak arus balik itu di tanggal 14 hingga 17 April besok," kata Hendra, seperti dikutip Antara, Senin (15/4/4/2024). 

Adapun jam kedatangan bus di Terminal Terpadu Pulogebang ini, kata Hendra, biasanya ramai saat malam hingga pagi hari.

Kalau untuk pemudik reguler khususnya dari Jawa Tengah dan Jawa Timur memang rata-rata berangkat di sore hari.

Baca juga : Libur Lebaran, Puskesmas Tanah Abang Dikunjungi 1.428 Pasien

"Jadi kemungkinan datang di terminal kita itu dari jam dua pagi ke atas hingga jam enam pagi. Kalau, misalkan, tidak ada kendala di perjalanan," kata Hendra.

Situasi Terminal Terpadu Pulogebang hingga saat ini masih terpantau landai. Sedangkan bus dari program mudik gratis Pemprov DKI Jakarta sudah mulai berangkat untuk balik ke terminal Jakarta.

Lalu untuk bus dengan rute dekat seperti Pekalongan dan Purwokerto di Jawa Tengah yang hanya memakan waktu perjalanan kurang lebih enam jam maka bisa tiba di Terminal Terpadu Pulogebang siang atau sore nanti.

Baca juga : Puncak Arus Balik Di Bandara AP II Diprediksi Terjadi Besok

Berdasarkan data yang diperoleh pada Minggu pukul 11.40 WIB, jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Terpadu Pulogebang mencapai 433 orang dengan jumlah 61 bus. Sedangkan jumlah penumpang tiba sebanyak 2.753 orang dengan jumlah 358 bus.

"Jumlah tersebut akan terus bertambah sampai 17 April mendatang," kata Hendra.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di Terminal Terpadu Pulogebang, pihaknya berkoordinasi dengan TNI/Polri untuk membantu pengamanan sehingga para penumpang merasa nyaman dan aman. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.