Dark/Light Mode

Gunung Ibu Di Halmahera Barat Meletus, Status Waspada

Sabtu, 12 Januari 2019 18:57 WIB
Letusan Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku. (Foto: BNPB)
Letusan Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Ibu di Halmahera Barat, Maluku Utara, meletus pada Sabtu (12/1) pukul 17.12 WIT. Berdasarkan Pos Pengamatan Gunung Ibu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi letusan mencapai 800 meter dari puncak kawah. Kolom abu vulkanik condong ke arah selatan.

Baca juga : Halmahera Barat Diguncang Gempa 6 Kali

Kepala Pusat Data Informasi dan Humss Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, status Gunung Ibu masih tetap Waspada (level 2). Masyarakat dan pendaki tidak boleh melakukan aktivitas di dalam radius 2 km, dan perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

Baca juga : Ibukota Halmahera Selatan Digoyang Gempa

“Masyarakat belum perlu mengungsi karena berada di luar zona berbahaya. Masyarakat telah memahami letusan ini, dan tidak panik. Sebab, hampir setiap hari terjadi letusan Gunung Ibu,” ujar Sutopo.

Baca juga : Jayapura & Halmahera Barat Digoyang Gempa

Dijelaskan, sejak 3 bulan terakhir, Gunung Ibu hampir setiap hari meletus. Bahkan pada 10 Januari lalu, Gunung Ibu meletus 80 kali, guguran 18 kali, dan hembusan 64 kali. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.