Dark/Light Mode

Warga DKI Harap Siap-siap, Hujan Diperkirakan Akan Turun sampai Besok Pagi

Rabu, 1 Januari 2020 13:32 WIB
Kondisi banjir di Jalan Cipulir, Jakarta Selatan (Foto: Twitter TMC Polda Metro)
Kondisi banjir di Jalan Cipulir, Jakarta Selatan (Foto: Twitter TMC Polda Metro)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Jakarta dan berbagai daerah penyangga ibu kota perlu tetap hati-hati dan siap-siap. Meski siang ini (Rabu, 1/1) hujan relatif mereda di banyak tempat, tetapi diperkirakan pada malam hari dan besok pagi, hujan berpotensi turun kembali.        

Perkiraan cuaca untuk wilayah DKI Jakarta yang dipantau di laman resmi BMKG di Jakarta, Rabu siang, disebutkan bahwa waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakut, Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada pagi, malam dan dini hari.          

Baca juga : CIMB Niaga Syariah Fasilitasi Layanan Perbankan PP Muhammadiyah

Seperti dikutip antaranews, hujan ringan diprediksi akan melanda hampir seluruh wilayah ibukota pada malam hari, yaitu Jakbar, Jakpus, Jaksel, dan Jaktim. Sedangkan di Jakut dan Kepulauan Seribu pada malam hari diperkirakan bakal menerima hujan berintensitas sedang.      

Pada dini hari tanggal 2 Januari 2020, potensi hujan sedang akan diperkirakan turun di wilayah Jaktim, Jakut, dan Kepulauan Seribu. Sementara masih pada dini hari nanti, diprediksi Jakbar dan Jakpus akan mengalami hujan ringan, serta Jakarta Selatan yang akan mengalami hujan lokal. Kemudian pada Kamis (2/1) pagi, diperkirakan berbagai wilayah yang terdapat di DKI Jakarta bakal dalam kondisi berawan.

Baca juga : Bank DKI Berikan Pendidikan Tabungan Simpanan ke Pelajar

Sebelumnya, hasil pemutakhiran tinggi muka air di berbagai pintu air di Rabu (1/1) sekitar pukul 11.00 WIB, dilaporkan Bendung Katulampa berada dalam kondisi ketinggian muka air 150 cm (siaga 3), Depok 375 cm (siaga 1), dan Manggarai 890 cm (siaga 2).  

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta juga menyatakan, bagi masyarakat wilayah ibukota apabila membutuhkan evakuasi, bantuan dan informasi data tinggi muka air dapat menghubungi nomor tunggal layanan darurat Jakarta Siaga 112.      

Baca juga : Jenazah Pebalap Nasional Afridza Munandar Dimakamkan di Tasikmalaya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, banjir kiriman dari pintu air Depok diperkirakan sampai di Jakarta pada sekitar pukul 15.00 WIB. Anies juga menyebutkan bahwa air yang mengalir dari Katulampa diperkirakan bakal tiba di Jakarta pada sekitar pukul 18.00 WIB. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.