Dark/Light Mode

Ada Pergantian Wesel, Ini Rekayasa Pola Operasi Perjalanan KRL Pada 22-23 Februari

Jumat, 21 Februari 2020 21:04 WIB
Ilustrasi perbaikan wesel (Foto: Istimewa)
Ilustrasi perbaikan wesel (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) kini tengah melakukan pergantian wesel di Stasiun Gambir dan Stasiun Jakarta Kota, mengingat wesel di dua wilayah tersebut memang sudah masuk usia senja.

Wesel di emplasemen Gambir, pertama kali dioperasikan ±25 tahun lalu, dan belum pernah mengalami penggantian. Sedangkan wesel di emplasemen Jakarta Kota, sudah ±50 tahun tidak pernah mengalami penggantian.

Selain untuk meningkatkan keselamatan dan kelancaran perjalanan baik KA maupun KRL yang melintas di wesel-wesel Stasiun Gambir dan Jakarta Kota, penggantian wesel juga memiliki banyak manfaat.

Antara lain menghilangkan gangguan perjalanan KA akibat kerusakan komponen wesel beserta imbasnya, memberikan alternatif solusi apabila ada gangguan terhadap perjalanan KA di jalur layang, dan mendukung fleksibilitas pelayanan perjalanan KA di emplasemen Stasiun Gambir.

Baca juga : Yuk Kenalan Dengan Wesel, Konstruksi Rel Yang Berperan Penting Bagi Keselamatan Perjalanan KA

Proses penggantian wesel yang berlangsung sejak 13 hingga 23 Februari 2020 ini, tentu akan mempengaruhi pola operasi perjalanan KA eksisting. Khususnya KRL, yang setiap harinya melewati kedua jalur ini.

Melalui keterangan tertulis yang diterima RMco.id pada Jumat (21/2), KAI menginformasikan, ada 45 perjalanan KRL yang terdampak pekerjaan penggantian wesel. Sehingga, perjalanannya hanya sampai Stasiun Manggarai.

11 hari yang dipakai untuk proses penggantian ini, tentunya akan berkontribusi besar bagi keandalan perjalanan KA dan KRL. Bahkan, hingga berpuluh tahun mendatang.

"PT KAI dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memohon maaf atas kendala perjalanan KRL Commuter Line, yang terjadi di lintas antara Stasiun Manggarai hingga Stasiun Jakarta Kota, sehubungan dengan peningkatan keandalan prasarana perkeretaapian. Yaitu penggantian wesel di Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Gambir, yang telah dijadwalkan berlangsung pada 13-23 Februari 2020," kata PT KAI dalam keterangannya.

Baca juga : Ada EWS, Pasokan Aneka Bawang Sampai Lebaran 2020 Mencukupi

Sebelum pekerjaan dimulai, PT KCI bersama PT KAI telah melakukan sosialisasi mengenai rekayasa pola operasi KRL, yang dapat berlangsung dalam rentang 11 hari tersebut.

Dengan rincian, 9 hari di Gambir telah selesai dan 2 hari di Jakarta Kota, yang dimulai sejak tanggal 21 Februari dini hari sampai saat ini.

Hingga saat ini, petugas masih bekerja di lokasi untuk memastikan keamanan prasarana perkeretaapian, sehingga dapat dilintasi kembali oleh kereta.

Selanjutnya, khusus pada tanggal 22 dan 23 Februari 2020, rekayasa pola operasi perjalanan KRL akan mencakup :

  • 16 KA di lintas Bogor - Jakarta Kota (PP), perjalanannya hanya sampai Stasiun Manggarai
  • 16 KA lintas Bekasi - Jakarta Kota (PP), perjalanannya hanya sampai Stasiun Manggarai
  • 22 KA lintas Bogor - Jakarta Kota (PP) yang dibatalkan perjalanannya.

Baca juga : Wesel Stasiun Gambir Dan Jakarta Kota Diperbaiki, 45 Perjalanan KRL Direkayasa

Bagi pengguna KRL yang turun di Stasiun Manggarai, Transjakarta telah bekerja sama dengan PT KCI sejak hari pertama dimulainya rekayasa pola operasi, untuk memperkuat armada busnya di Stasiun Manggarai, selama masa pekerjaan.

Hal ini ditujukan untuk memudahkan akses pengguna jasa KRL m ke sejumlah halte tujuan, yang terhubung dengan berbagai koridor Transjakarta.

Para pengguna KRL diimbau untuk senantiasa memperhatikan informasi dari petugas di stasiun maupun KRL, mengenai tujuan akhir kereta yang dinaiki.

Informasi terkini mengenai perjalanan KRL juga dapat diakses melalui berbagai akun media resmi KCI di @commuterline, dan aplikasi KRL Access. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.