Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Antisipasi Virus Corona

Transjakarta Siapkan Hand Sanitizer dan Masker di 80 Halte

Selasa, 3 Maret 2020 18:22 WIB
Fasilitas hand sanitizer yang disediakan PT Tranjakarta di salah satu halte Transjakarta. (Foto: Humas Transjakarta)
Fasilitas hand sanitizer yang disediakan PT Tranjakarta di salah satu halte Transjakarta. (Foto: Humas Transjakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sehubungan dengan Instruksi Gubenur DKI Jakarta nomor 16 tahun 2020 terkait penanganan virus Corona (COVID 19) yang telah masuk Indonesia, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kini menambah intensitas kegiatan pencegahan dan penanganan penyebaran COVID 19 hingga ke dalam interior bus dan halte.

Hal ini mulai dilaksanakan sejak awal Februari 2020 lalu. Dalam hal ini Perseroan melakukan sosialisasi rencana pencegahan dan penanganan COVID 19 ini ke mitra operator bus, petugas lapangan dan seluruh karyawan kantor pusat dan Depo. 

Kini pihak Transjakarta lebih serius melakukan tindakan preventif hingga penanganan pencucian dan pembersihan interior bus menggunakan Disinfectant. Perseoran juga mulai malam ini, memperluas penyediaan hand sanitizer untuk pelanggan di 80 halte Transjakarta. Selain itu, kami juga membekali petugas dengan sarung tangan dan masker.

Baca juga : Cegah Penyebaran Virus Corona, MRT Sediakan Hand Sanitizer di Tiap Stasiun

Selain itu juga mengaktifkan edukasi dan sosialisasi pencegahan virus kepada pelanggan melalui sosial media, Passenger Information System yang ada pada seluruh halte (PIS). Perseroan juga menyiapkan alat deteksi suhu tubuh untuk memastikan pelaksanaan tindakan yang diperlukan apabila ada yang terdeteksi.

Selain itu, Tranjakarta menghimbau pelanggan mulai memperkuat ketahanan tubuh masing-masing. Ini bisa dimulai dengan asupan bergizi dan vitamin, membasuh tangan dengan alat pembersih steril dan menjaga agar tangan tidak serta merta berinteraksi dengan mulut, hidung dan mata tanpa dibersihkan terlebih dahulu. 

Perseroan juga sudah berkordinasi dengan instansi terkait seperti dinas kesehatan dan rumah sakit rujukan untuk melakukan kordinasi tindakan tindakan yang dilakukan. 

Baca juga : Amankan Fasilitas Umum, Anies Sediakan Hand Sanitizer Hingga Bentuk Tim Khusus

Adapun persiapan antisipasinya adalah pada saat pencucian bus di depo pihak Transjakarta mencuci bus dengan desinfektan khusus pada saat sebelum dan sesudah bus beroperasi sedangkan di Halte alat Tap On gate juga akan selalu dibersihkan dengan desinfectan secara berkala.

Selain itu Manajemen Transjakarta juga memastikan para petugas khusus Transjakarta untuk selalu membersihkan handgrip (Pegangan bus) sebelum berangkat dari Depo dan akan dibersihkan pada saat penurunan pelanggan di halte-halte akhir Transjakarta dengan menyiagakan petugas Covid dan berkordinasi dengan tim penanganan Covid 19 Dinas Kesehatan Pemprov DKI. 

Dengan ini manajemen Transjakarta berharap masyarakat bisa tetap menikmati layanan Transjakarta dengan nyaman. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.