Dark/Light Mode

Kena Virus Corona, Direktur RS di Wuhan Meninggal Dunia

Selasa, 18 Februari 2020 13:23 WIB
Foto: SCMP
Foto: SCMP

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Wuhan Wuchang Hospital - rumah sakit terkemuka di pusat penyebaran virus Corona - Liu Zhiming meninggal dunia terinfeksi virus Corona, pada Selasa (18/2) pukul 10.30 waktu setempat. Info ini disiarkan stasiun TV pemerintah China, Selasa (18/2).

Ini adalah kematian kedua dokter terkenal China, selama wabah virus Corona atau Covid-19 berjangkit sejak akhir Desember 2019.

Sebelumnya, pada awal bulan ini, dokter mata Li Wenliang yang kena tegur polisi karena memberikan peringatan dini terhadap wabah Covid-19, juga tutup usia karena terjangkit virus yang sama.

Baca juga : Bocah 1 Tahun Jadi Korban Virus Corona, Total Kasus di Singapura Kini 77

Saat ini, puluhan ribu pekerja medis di China, berjuang mati-matian memberantas wabah Covid-19, yang penyebarannya diduga bermula dari pasar basah Wuhan di Provinsi Hubei, yang menjual aneka seafood dan daging.

Namun, untuk kasus kematian Liu, The Straits Times pada Selasa (18/2), melaporkan adanya kerancuan dalam informasi yang disiarkan di jagat maya.

Senin (17/2) malam, melalui akun media sosialnya, Departemen Propaganda Partai Komunis di Komisi Kesehatan Hubei menginformasikan bahwa Liu telah tiada.

Baca juga : Gegara Virus Corona, Presiden Minta Insentif Pariwisata Segera Disiapkan

Tapi, di postingan berikutnya, Liu disebut masih hidup.

"Menurut pihak keluarga, rumah sakit masih berjuang menyelamatkan nyawa Liu," ujar Komisi Kesehatan Hubei, seraya menjelaskan bahwa informasi sebelumnya berasal dari kerabat Liu yang tak paham kondisi terakhirnya.

Namun, setelah kematian Liu diumumkan di TV pada Selasa (18/2) pagi, belum ada postingan apa pun terkait hal itu.

Baca juga : Virus Corona Kini Telah Renggut 1.770 Nyawa Warga China

Saat virus sindrom pernapasan akut (SARS) mewabah pada 2003, Beijing dituding banyak menutupi banyak hal terkait penyakit tersebut.

Namun, dalam wabah Covid-19, Beijing dinilai lebih terbuka.

Menurut info dari pejabat senior kesehatan China, pada Jumat (14/2), 1.716 pekerja medis telah terpapar virus Covid-19. Enam di antaranya meninggal dunia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.