Dark/Light Mode

Sudah Padat Sejak Jam 4 Pagi

AP II: Membludaknya Penumpang di Bandara Soetta Dipicu Jadwal Penerbangan Yang Berdekatan

Kamis, 14 Mei 2020 12:54 WIB
Kerumunan orang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (14/5). (Foto: Istimewa)
Kerumunan orang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (14/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II membenarkan adanya antrean panjang calon penumpang di Posko Pemeriksaan Dokumen Perjalanan Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak pukul 04.00 WIB.

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno Hatta Febri Toga mengatakan, personel AP II telah berupaya maksimal mengatur antrean. Namun, calon penumpang pesawat yang datang membludak di Terminal 2 Gate 4.

“Antrean di Posko Verifikasi Dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB. Rata-rata mereka adalah calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00 - 08.00 WIB. Dalam periode tersebut, ada 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan. Yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink," kata Febri dalam keterangan resminya, Kamis (14/5).

Baca juga : Calon Penumpang Pesawat Kini Harus Tiba di Bandara 3-4 Jam Sebelum Keberangkatan

Seperti diketahui, di masa pengecualian dalam pembatasan penerbangan, calon penumpang harus melakukan verifikasi kelengkapan dokumen sebagai syarat check in.

Verifikasi dokumen dilakukan oleh personel gabungan dari sejumlah instansi, yang masuk dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di posko pemeriksaan.

Dokumen yang diverifikasi sebagai syarat check in antara lain tiket penerbangan, surat keterangan dinas, surat bebas Covid-19, dan dokumen lainnya sesuai yang tercantum dalam Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19, yang diterbitkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Baca juga : Gawat, 11 Penumpang Di Bandara Soetta Terbukti Positif Covid

“Saat ini, sudah tidak ada antrean lagi di Terminal 2. Kami selalu berupaya untuk menjaga physical distancing di setiap area. Penerapan physical distancing di Soekarno-Hatta juga akan dievaluasi berkala, melihat situasi dan kondisi terkini yang cukup dinamis,” tegasnya.

"Di samping itu, kami juga akan melakukan penataan jadwal keberangkatan penerbangan. Seluruh stakeholder akan melakukan evaluasi, untuk menata jadwal penerbangan. Supaya tidak ada yang berdekatan,” imbuh Febri.

Seluruh bandara AP II selalu beroperasi dengan merujuk kepada Peraturan Menteri Perhubungan No. 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.