Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gawat, 11 Penumpang Di Bandara Soetta Terbukti Positif Covid

Jumat, 8 Mei 2020 21:29 WIB
Petugas di Bandara Soekarno-Hatta sedang mengetes kesehatan penumpang yang baru tiba. Foto: Twitter @relawanindsatu
Petugas di Bandara Soekarno-Hatta sedang mengetes kesehatan penumpang yang baru tiba. Foto: Twitter @relawanindsatu

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Soekarno-Hatta membenarkan adanya 11 orang penumpang yang dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19 ditemukan.

Kepala KKP Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Anas Maruf mengatakan, 11 orang tersebut merupakan anak buah kapal (ABK) yang naik pesawat sewa asal Italia, Neos. Adapun, nomor penerbangannya adalah NO 370 yang tiba pada Kamis (7/5) malam.

“Iya benar. Jadi setiap hari kita lakukan screening 600-1.000 penumpang, terutama untuk WNA atau ABK kapal asing. Seperti cek suhu, wawancara juga tes cepat. Kemarin ditemukan eks anak ABK kapal pesiar Italia positif Covid-19, 11 orang,” katanya di Jakarta, Jumat (8/5).

Baca juga : AP II: Stakeholder di Bandara Soekarno Hatta Kawal Ketat Protokol Covid-19

Ia menjelaskan, sebanyak 11 orang eks ABK yang terjangkit virus corona tersebut telah dibawa ke Wisma Atlet untuk penanganan lebih lanjut.

Anas menjelaskan, saat kejadian memang terjadi penumpukan penumpang karena kedatangan ratusan pekerja migran Indonesia dari luar negeri secara bersamaan. Pekerja migran Indonesia itu datang dengan empat pesawat. Paling banyak berasal dari Malaysia.

"Sebenarnya, setiap hari kita melakukan pemeriksaan terhadap WNI yang kembali ke Indonesia, pada hari itu memang empat pesawat datang bersamaan kita memang agak lama, karena setiap orang perlu waktu diwawancarai, dites, jadi memang cukup lama," ujarnya.

Baca juga : Kuliah Umum Virtual, Menpora Harap Pemuda Beri Edukasi Positif Tentang Covid-19

Nah, Anas memastikan protokol kesehatan telah dilakukan. Namun jumlah pekerja migran Indonesia yang datang itu tak sebanding dengan petugas yang melakukan pemeriksaan.

"Petugas kita ada 29, tapi kan memang waktu satu orang diwawancara 2 menit, ada yang dites butuh waktu 5 menit, jadi memang agak lama," ungkapnya.

Anas menegaskan, setiap hari pihaknya selalu bersiaga di pos pemeriksaan kedatangan di Bandara Soetta. Penemuan kasus positif hasil rapid test seperti ini, kata Anas, bukan yang pertama kalinya.

Baca juga : Ada 705 WNI di Luar Negeri Terinfeksi Covid-19

Dia mengungkapkan, terdapat lebih dari 40 penumpang terindikasi positif corona sejak April hingga Mei 2020.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan meminta PT Angkasa Pura II dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) lebih antisipatif terhadap jadwal kedatangan penumpang di bandara sehingga selalu siap dalam menerapkan protokol kesehatan terkait dengan penanganan virus corona Covid-19 pada pelayanan di bandara.

Hal ini disampaikan terkait dengan adanya kejadian penumpukan penumpang penerbangan internasional yang tiba hampir bersamaan di Terminal 3 Soekarno-Hatta pada hari ini, Kamis (7/5) siang hingga sore hari. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.