Dark/Light Mode

Gempa Tidak Berpotensi Tsunami

Ini Tanggapan Badan Geologi Soal Gempa Di Perairan Selatan Jawa Timur

Selasa, 19 Februari 2019 09:15 WIB
Peta lokasi gempa bumi di Perairan Selatan Jawa Timur, Selasa (19/2). (Foto: BMKG)
Peta lokasi gempa bumi di Perairan Selatan Jawa Timur, Selasa (19/2). (Foto: BMKG)

 Sebelumnya 
"Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, kejadian gempa bumi ini disebabkan oleh aktivitas zona subduksi yang terbentuk akibat penunjaman Lempeng Indo-Australia, terhadap Lempeng Eurasia di selatan Pulau Jawa," terang Badan Geologi, dalam keterangan resminya.

Berdasarkan informasi dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Kelud di Kecamatan Wates, Kediri  dan Pos PGA Raung di Kecamatan Singojuroh, Banyuwangi, guncangan gempa bumi dirasakan di lokasi tersebut, dengan intensitas III MMI (Modified Mercalli Intensity).

Baca juga : Nias Selatan Diguncang Gempa M 6,1

BMKG melaporkan, guncangan gempa bumi dirasakan di Lumajang dengan intensitas III-IV MMI serta di Malang, Karangkates, Blitar Sawahan, hingga ke Nusa Dua dan Kuta (Bali) dengan intensitas II-III MMI.

Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena meskipun berpusat di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi di bawah laut.

Baca juga : Sore Ini, 3 Gempa Goyang Mentawai

Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada informasi terkait kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini. "Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami," imbau Badan Geologi. [HES]    

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.