Dark/Light Mode

Petugas Gali 50 Liang Lahat Per Hari

Serem... 4.500 Petak Makam Jenazah Covid Sudah Penuh

Kamis, 14 Januari 2021 07:25 WIB
Petugas Dinas Pertamanan mengangkat peti jenazah pasien Covid-19 untuk dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (13/1/21). (Foto: Dwi Pambudo/RMCoid)
Petugas Dinas Pertamanan mengangkat peti jenazah pasien Covid-19 untuk dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (13/1/21). (Foto: Dwi Pambudo/RMCoid)

 Sebelumnya 
“Yang menghimpun daya tampung, perencanaannya ada di Bidang TPU Dinas Pertamanan terkait lahan yang tersisa untuk makam baru,” tambah Winarto.

Sebenarnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mempersiapkan lokasi baru pemakaman khusus jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

Sebanyak 8.000 meter per segi sudah siap digunakan untuk 1.500 makam. Untuk tahap pertama, Pemerintah menyiapkan dua hektare lahan dari total keseluruhan luas lahan mencapai 25 hektare. Dua hektare lahan tersebut dapat menampung 5.000 jenazah.

Baca juga : Dalam Sepekan, 5 Provinsi Cetak Kenaikan Jumlah Kasus Covid Tertinggi

Penggarapan lahan yang masih terus berjalan dan melibatkan sejumlah unit kerja di lingkungan Pemprov DKI Jakarta seperti Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Bina Marga, Dinas Tata Air dan hingga tingkat Walikota, Kecamatan, dan Kelurahan. Namun, hingga kini, belum ada kabar kejelasan kapan TPU Rorotan mulai berfungsi.

Kondisi lahan khusus pemakaman pasien Covid-19 yang kian menipis, membuat Pemprov DKI mengizinkan jenazah pasien Covid-19 dikubur di luar TPU khusus.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menjanjikan TPU Rorotan bisa digunakan mulai bulan akhir Januari.

Baca juga : Tambahin Dong, Insentif Untuk Petugas Makam Jenazah Corona

“Di Rorotan. Insya Allah sudah bisa digunakan,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta.

Dia memastikan, Pemprov terus bekerja menyiapkan TPU Rorotan untuk jenazah Covid-19. Karena itu, tidak perlu ada kekhawatiran jenazah Covid-19 tidak mendapatkan lahan pemakaman.

“Sekali pun di TPU Pondok Ranggon, dan di TPU Tegal Alur sudah hampir penuh, tapi di Rorotan sudah siap. Jadi, nanti tinggal dialihkan saja,” imbuhnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.