Dark/Light Mode

Hari Ini Dan Besok Jakarta, Diprediksi Banjir

Semoga Ramalannya Meleset

Jumat, 19 Februari 2021 06:30 WIB
Warga menyelamatkan barang-barangnya saat banjir merendam kawasan RW 5, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, Kamis (18/2/2021). (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Warga menyelamatkan barang-barangnya saat banjir merendam kawasan RW 5, Duren Tiga, Pancoran, Jakarta, Kamis (18/2/2021). (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

 Sebelumnya 
Sedangkan di Duren Tiga, Pancoran, air menggenangi jalanan di kedua sisi. Kendaraan terpaksa berjalan pelan dan hati-hati melewati genangan air. Kompleks Perumahan DPR di Kalibata, Jakarta Selatan tak lepas dari banjir.

Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar bakal mengirim surat ke Pemprov DKI Jakarta.

“Dulu, seinget kami pernah, sungai itu pernah diangkat lumpur-lumpurnya. Ini nggak tahu, apakah karena endapan lumpurnya tinggi atau gimana,” ucap Indra, Kamis (18/2).

Baca juga : Jakarta Diprediksi Akan Banjir, Riza Patria Minta Warga Siaga

Bagaimana tanggapan Pemprov DKI? Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menerima laporan sedikitnya ada 20 RT yang terendam banjir dari total 30.460 RT. Menurutnya, kondisi ini tak lepas dari kondisi tanah yang cekungan.

Politisi Gerindra ini menyebut, DKI Jakarta sebagai dataran rendah. Bahkan menurutnya, ada titik-titik yang memang lebih rendah disebabkan banyak hal. Renovasi Senayan menjadi salah satu faktor beberapa kawasan berubah lebih rendah.

Dia memastikan, Pemprov DKI sudah berupaya maksimal mencegah dan menanggulangi banjir di Ibu Kota. Pihaknya juga telah meninjau langsung pusat informasi bencana dan logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI dalam menghadapi potensi bencana bersamaan peringatan dini hujan ekstrem hingga akhir pekan ini.

Baca juga : Pemkot Jakpus Targetkan Semua RT Zona Hijau Pada Maret

256 ekskavator dan 260 truk pembuang (dump truk) disiapkan Pemprov menghadapi potensi banjir. Pemprov juga menambah jadwal pengoperasian pengerukan lumpur dari satu menjadi dua.

“Jadi, ada percepatan pengerukan. Mudah-mudahan berkat kerja sama yang baik, pemprov, aparat, dan masyarakat, kita dapat mengendalikan banjir ke depan,” imbuh Riza.

Warganet ikutan berkomentar soal ancaman banjir. Akun @Arrahman99642797 mengatakan meski kredibilitas BMKG dan Lapan tidak diragukan lagi, dia berharap yang terjadi di lapangan tidak sesuai dengan prediksinya. “Semoga ramalannya meleset. Biar gak ada yang kebanjiran. Kasihan lagi pandemi, nanti banyak yang sakit,” cuitnya.

Baca juga : Bamsoet Puji IMI DKI Jakarta Bantu Korban Banjir Indramayu

Namun, ada juga yang sudah mencak-mencak akibat banjir kemarin. “Air di Jakarta bandel. Disuruh antre masuk tanah, malah pecicilan kemana-mana. Nggak tahu apa ini lagi musim Covid,” kata @KakekHalal. “Gali dulu lubang air biar masuk ke dalam tanah,” timpal @ZivannaHelen. “Kira-kira, air bisa diekspor kah?” kelakar @anaktimor007. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.