Dark/Light Mode

3 Hari Ini Hujan Deras Disertai Petir

BPBD DKI Peringatkan Potensi Banjir Di Jakarta

Selasa, 9 Maret 2021 20:23 WIB
3 Hari Ini Hujan Deras Disertai Petir BPBD DKI Peringatkan Potensi Banjir Di Jakarta

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan pernyataan peringatan cuaca ekstrem untuk tiga hari ke depan, yakni 9 Maret hingga 11 Maret mendatang. Adapun peringatan terkait cuaca tersebut berupa potensi hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Peringatan dini cuaca 3 hari ke depan. Durasi 9 Maret 2021 sampai dengan 11 Maret 2021. Peringatan dini: Berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah DKI Jakarta pada tanggal 9 dan 10 Maret 2021," tulis akun Twitter resmi @BPBDJakarta, Selasa (9/3/2021).

Baca juga : Hari Ini, Layanan Perpanjang SIM Polda Metro Hadir Di 5 Tempat

Adapun penyebab dari cuaca yang cukup ekstrem ini lantaran sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik Utara Papua Barat, yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Kalimantan Utara hingga Sulawesi Selatan dan Maluku. Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di perairan Selatan Jawa Barat dan di Laut Timor bagian Selatan.

Kondisi ini mampu menyebabkan peningkatan potensi pembentukan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. "Imbauan kepada OPD terkait, para Camat dan Lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan Satgas Banjir/PKLG DSDA kecamatan. Hubungi 112 apabila membutuhkan bantuan." [EFI]

Baca juga : Hari Ini, Vaksin COVAX WHO Mendarat Perdana Di Ghana

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.