Dark/Light Mode

Terima Sapi Kurban Polres Jakbar, LDII Pastikan Pemotongan Pakai Prokes Ketat

Senin, 19 Juli 2021 22:00 WIB
Penyerahan sapi kurban dari Polres Jakarta Barat ke MUI, Masjid KH Hasyim Asyari Daan Mogot, FUHAB, dan LDII. (Foto: Istimewa)
Penyerahan sapi kurban dari Polres Jakarta Barat ke MUI, Masjid KH Hasyim Asyari Daan Mogot, FUHAB, dan LDII. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolres Jakarta Barat (Jakbar) Kombes Ady Wibowo menyerahkan empat ekor sapi hewan kurban ke Majelis Ulama Indonesia (MUI), Masjid KH Hasyim Asy'ari Daan Mogot, Forum Ulama dan Habaib (FUHAB), dan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Penyerahan dilakukan di halaman parkiran Mapolres Jakarta Barat, Jalan S Parman, Slipi, Jakarta, Senin (19/7). Kapolres diwakilkan kepada Kasat Binmas, AKBP Ali didampingi jajaran Satbinmas kepada para penerimanya.

“Ini hewan kurban untuk disembelih dan dagingnya dibagi-bagikan kepada masyarakat sekitar yang memang berhak menerimanya. Dengan demikian, kita bersama-sama bisa menikmati daging di masa pandemi ini," ujar Ali, saat menyerahkan hewan kurban ini.

Dia berpesan, ketika menyembelih, memotong daging, dan pembagiab, agar tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Sehingga tidak ada klaster baru kasus Covid-19. "Silakan dibawa ke masing-masing tempat untuk dipotong sebagai kurban dari Polres Metro Jakarta Barat,” ucap Ali.

Ketua DPD LDII Jasa Dermawan, yang hadir langsung menerima hewan kurban tersebut, menyampaikan kesiapanya untuk memotong dan membagikannya kepada warga masyarakat sekitar. Dia menegaskan, para mustahik akan diprioritaskan.

“Insya Allah akan kami potong dan akan kami bagi-bagikan kepada warga masyarakat yang berada di sekitar Jakarta Barat. Dari warga LDII, yang kurban pada tahun ini tercatat sudah mencapai 230 ekor sapi. Jika ditambah dari Polres ini, tentu akan lebih banyak lagi," ucapnya.

Dia juga memastikan, pelaksanaan pemotongan kurban di LDII mengikuti aturan pemerintah. Sebagian akan dipotong di rumah potong hewan (RPH). Namun, karena tidak tertampung, pemotongan hewan kurban dilaksanakan di ruang tertutup dengan prokes ketat.

"Untuk pembagian daging pun nanti sudah disiapkan tim relawan yang akan membagikan ke rumah-rumah warga. LDII juga sudah tiga tahun menggunakan kantong plastik ramah lingkungan sehingga sehat dagingnya, sehat lingkungannya,” jelas Jasa Dermawan.

Sementara, dari MUI, FUHAB dan Masjid KH Hasyim Asy’ari Daan Mogot diwakilkan Ustad Marwansyah, yang juga pengurus MUI. Di tempat terpisah, Kepala Sudin KPKP Kota Jakarta Barat Iwan Indriyanto mengapresiasi atas inisiasi LDII yang menggunakan kantong plastik ramah lingkungan dalam membungkus daging kurban. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.