Dark/Light Mode

Laporkan 789 Kasus Baru, Positivity Rate Jakarta Kini 6,7 Persen

Rabu, 25 Agustus 2021 20:33 WIB
Vaksinasi ibu hamil kini terus digencarkan, untuk menekan risiko keparahan dan meninggal dunia akibat Covid-19 terhadap kelompok rentan tersebut. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Vaksinasi ibu hamil kini terus digencarkan, untuk menekan risiko keparahan dan meninggal dunia akibat Covid-19 terhadap kelompok rentan tersebut. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemprov DKI Jakarta terus berupaya mengendalikan pandemi Covid-19. Seiring dengan menerapkan 3T, Pemprov DKI terus menggalakkan vaksinasi Covid-19 kepada sejumlah kelompok prioritas.

Peran serta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, tetap diperlukan. Mengingat, vaksinasi Covid-19 saat ini hanya mengurangi dampak keterpaparan, namun tidak menghilangkan kemungkinan tertular.

Hal ini terlihat dari kasus positif yang masih fluktuatif.

Baca juga : Kasus Meninggal Di Jakarta Nambah 20, Tingkat Kematian 1,6 Persen

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, berdasarkan data terkini, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan tes PCR terhadap 22.453 spesimen.

Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 13.471 orang dites PCR hari ini untuk mendiagnosis kasus baru, dengan hasil 789 positif dan 12.682 negatif. Selain itu, dilakukan pula tes antigen hari ini sebanyak 12.953 orang dites, dengan hasil 112 positif dan 12.841 negatif.

Dwi juga menyampaikan, target tes WHO adalah 1.000 orang dites PCR per sejuta penduduk per minggu (bukan spesimen). Artinya, target WHO untuk Jakarta adalah minimum 10.645 orang dites per minggu.

Baca juga : DKI Laporkan 701 Kasus Baru, Positivity Rate 6,7 Persen

"Target ini telah Jakarta lampaui selama beberapa waktu. Dalam seminggu terakhir ada 78.945 orang dites PCR. Sementara itu, total tes PCR DKI Jakarta kini telah mencapai 536.556 per sejuta penduduk," terang Dwi, dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Rabu (25/8).

Kasus aktif di Jakarta hari ini naik 49, sehingga jumlahnya menjadi 8.173. Sementara jumlah kasus konfirmasi secara total di Jakarta sampai hari ini, mencapai angka 847.689.

Perlu diketahui, hasil tes antigen positif di Jakarta tidak masuk dalam total kasus positif, karena semua dikonfirmasi ulang dengan PCR.

Baca juga : Gencarkan Vaksinasi Massal, MRT Jakarta Sabet Penghargaan

Dari jumlah total kasus positif, total orang dinyatakan telah sembuh sebanyak 826.302 dengan tingkat kesembuhan 97,5 persen.

Sedangkan total kasus kematian di Jakarta, kini mencapai 13.214 orang dengan tingkat kematian 1,6 persen. Separuh dari tingkat kematian nasional, yang mencapai 3,2 persen.

Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta, kini ada di angka 6,4 persen. Masih di atas standar WHO, yang menetapkan angka tidak lebih dari 5 persen. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.