Dark/Light Mode

Terus Membaik, Bos OJK Ramal Ekonomi Kuartal III Bisa Tembus 7 Persen

Rabu, 4 Agustus 2021 15:22 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso. (Foto: ist)
Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menyebut, indikator-indikator ekonomi sampai dengan penghujung kuartal II-2021, menunjukkan tren membaik menuju pemulihan ekonomi nasional. 

Beberapa indikator terlihat dari meningkatnya mobilitas masyarakat pada kuartal II-2021 mendorong kenaikan permintaan yang berpengaruh pada kredit yang mulai mencatatkan pertumbuhan cukup tinggi di Juni 2021 sebesar 1,83 persen (ytd).

Baca juga : Kuartal I, KPR CIMB Niaga Tumbuh 5,2 Persen

"Sehingga prediksi pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2021 sebesar 7 persen dapat tercapai," kata Wimboh dalam Rapat Dewan Komisioner, Rabu (4/8).

Sementara itu, seiring meningkatnya kasus aktif pada Juni 2021 yang menahan kembali aktivitas masyarakat tercermin  turunnya kenaikan aktivitas masyarakat dari 6,7 persen (Mei 2021) menjadi 5,2 persen, dapat sedikit berpengaruh terhadap prediksi semula.

Baca juga : Terus Membaik, Golkar Optimis Soal Pemulihan Ekonomi RI

Menurut Wimboh, efektivitas pelaksanaan PPKM level 4 yang disertai peningkatan distribusi dan pelaksanaan vaksinasi Covid 19, serta meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, akan dapat mengakselerasi pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat kedepan.

"Pertumbuhan saat ini masih ditopang oleh sektor konsumsi yang sangat tergantung dari mobilitas masyarakat," imbuhnya. 

Baca juga : Sri Mulyani Masih Pede Ekonomi Kuartal II Tumbuh 7 Persen, Ini Alasannya

Untuk itu, Wimboh menegaskan, perlu di buka ruang sumber pertumbuhan ekonomi baru yang lebih sustain selain sektor konsumsi, yang menyerap tenaga kerja dan beriorientasi ekspor agar ekonomi dapat tumbuh lebih stabil dan berkesinambungan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.