Dark/Light Mode

Dapat Dukungan Peserta Kongres

Willem Wandik Kembali Maju Sebagai Ketua Umum GAMKI

Senin, 15 Mei 2023 20:47 WIB
Ketua Umum GAMKI Willem Wandik (kiri). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum GAMKI Willem Wandik (kiri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan untuk Willem Wandik menjadi Ketua Umum Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) periode 2023-2028 terus mengalir dalam kongres ke-12. Petahana Ketua Umum GAMKI yang juga Anggota DPR dari ini dinilai dekat dan royal kepada pengurus GAMKI.

Kongres ke-12 GAMKI digelar di Kota Ambon, Maluku, pada 14-18 Mei 2023. Awalnya, pelaksanaan kongres ini beberapa kali tertunda, yang seharusnya digelar pada Agustus 2022. Dengan support penuh dari Willem Wandik, akhirnya Kongres ke-12 GAMKI bisa terlaksana.

"Kongres GAMKI yang digelar di Kota Ambon, Maluku, tidak lepas dari peran Ketua Umun DPP GAMKI Willem Wandik yang menggelontorkan kocek pribadinya. Berani berkorban agar terselenggaranya kongres," ucap Ketua Bidang Keadilan dan Kebenaran DPP GAMKI Ronald Richard Tapilatu, Senin (15/5).

Baca juga : SPN dan FSB Garteks Jadikan May Day Sebagai Momentum Perubahan

Biaya penyelenggaraan kongres ini Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar. “Tanpa Wandik, mungkin akan sulit kongres digelar. Makanya nggak heran kalau Ketua Umum dan Sekretaris Umum DPP GAMKI Periode 2003-2007, Sahat Sinaga dan Nikson Gans Lalu mengatakan perlu mempertahankan Willem Wansik,” ucap Ronald, yang juga Pokja Papua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) itu.

Ronald mengakui, Willem Wandik sosok ringan tangan dan memiliki jaringan luas. Hal ini membantu organisasi GAMKI berjalan dengan lancar.

Willem Wandik adalah Ketua Umum DPP GAMKI periode 2019-2023. Dia juga merupakan Anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat. Di partai, Wandik menjabat Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat juga didapuk menggantikan Lukas Enembe sebagai Plt Ketua DPD Partai Demokrat Papua.

Baca juga : Nyelong Inga Simon Dipercaya sebagai Ketua Umum LPDN

Diakui Ronald, GAMKI di bawah kepemimpinan Wandik banyak program berjalan dengan baik. “Apalagi orangnya selama ini sangat sederhana,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua MPO GAMKI Michael Wattimena menegaskan, sosok Willem Wandik dinilai tepat untuk memimpin GAMKI ke depan. “Hanya Willem Wandik yang cocok untuk memimpin GAMKI ini,” kata mantan Wakil Ketua Komisi V DPR dari Fraksi Partai Demokrat itu.

Dalam pembukaan Kongres ke-12 GAMKI, Menpora Dito Ariotedjo mengatakan, pihaknya akan selalu berkolaborasi dengan GAMKI. “GAMKI adalah organisasi pemuda yang memiliki peran strategis. Saya sudah tiga kali menerima GAMKI,” ucap Dito

Baca juga : Indoland Property Management Kembali Raih Penghargaan Di Ajang IPBA 2023

Dito mengetok tifa, gendang khas asal Maluku, sebagai tanda Kongres ke-12 GAMKI dibuka. Hadir mendampingi Dito dalam pemukulan tifa yaitu Michael Wattimena, Anggota DPR Fraksi PDIP Merchy Ch Barends, Sekretaris Umum PGI Jacklevyn Fritz Manuputty, Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Febri Calvin Tetelepta, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Martin Philip Sinurat, Sekretaris MPO Johan Rontoknam, Anggota MPO Esther Telambanua, Ketua Umum DPP GAMKI periode 2007-2011 Dating Palembangan.

Dalam Kongres GAMKI ini, selain Willem Wandik, ada beberapa nama muncul sebagai calon ketua umum. Di antaranya Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat Sinurat, Ketua Bidang DPP GAMKI Indra Raja Guguk, mantan Ketua Bidang Organisasi Komunikasi dan Keanggotaan Dikson Siringoringo, dan mantan Ketua Umum PP GMKI Korneles Galajinjinay.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.