Dark/Light Mode

Model Pikir Masa Kini Dalam Peran Generasi Muda Di Sektor Energi Dan Lingkungan

Senin, 19 Juni 2023 14:21 WIB
Founder Society of Renewable Energy (SRE) Zagy Yakana Berian di salah satu forum internasional. (Foto: Istimewa)
Founder Society of Renewable Energy (SRE) Zagy Yakana Berian di salah satu forum internasional. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setengah populasi Indonesia saat ini yang dilansir oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia merupakan generasi muda yang nantinya akan mendominasi sebagai usia produktif dalam 100 tahun kemerdekaan Indonesia. 

Untuk mewujudkan tersebut, pemerintah dapat mengadopsi beberapa model kerangka pikir untuk meningkatkan partisipasi generasi muda agar siap berkompetisi di dunia kerja. 

Salah satunya, model yang dimiliki oleh United Nation yaitu 4 tahapan partisipasi generasi muda mulai dari diposisikan sebagai pemberi opini (konsultasi), bantuan (kontribusi), pendampingan (rekan), dan pelaksana (memimpin). 

Dari keempat hal tersebut, Indonesia bisa mengadopsinya sesuai dengan level kesiapan generasi muda yang dibagi menjadi beberapa indikator. 

Hal ini relevan dengan kondisi demografi generasi muda di Indonesia sehingga nantinya metode yang diterapkan dapat sesuai sasaran. 

Baca juga : Bos Pertamina Ajak Generasi Muda Jadi Agen Perubahan Lingkungan

Sebagai contoh, untuk daerah Ibu kota, pemerintah dapat menerapkan metode pelaksana dimana sekelompok anak muda memimpin suatu kegiatan acara. 

Metode ini dapat diterapkan dengan kelompok yang memiliki pengalaman terlibat dalam suatu program, memiliki kerjasama tim, dan memiliki jejaring baik horizontal maupun vertikal.  

Misalnya, National Energy, Climate, Sustainability Competition (NECSC) kolaborasi antara Rakyat Merdeka, Society of Renewable Energy (SRE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) mengenai penulisan artikel populer bagi siswa sekolah menengah atas dan kampus. 

Kegiatan ini dipimpin oleh generasi muda yang melakukan riset kebutuhan program, menyusun program bersama lintas institusi, dan eksekusi yang integratif. 

Hasilnya, program ini telah berjalan 3 tahun dengan antusiasme dari ribuan peserta dan menghasilkan 2 buku sumbangsih generasi muda bagi Indonesia di sektor energi dan lingkungan.

Baca juga : Pertamina Ajak Generasi Muda Peduli Pada Perubahan Iklim

Jika dilihat dari siklusnya, kegiatan tersebut telah menerapkan proses yang holistik secara end-end. Selanjutnya, dari hasil berupa buku, karya terbaik generasi bangsa dapat menjadi alternatif pilihan pemerintah dalam menerapkan suatu kebijakan yang sifatnya strategis dan taktis. 

Yang terpenting, dari kegiatan yang dilakukan terdapat rangkaian pengembangan generasi muda yang menjadi aspek penting dalam mewujudkan generasi muda. 

Indonesia telah menetapkan target Net Zero Emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat, hal ini mengandung makna bahwa pembangunan yang rendah emisi dan melakukan konservasi terhadap alam kita menjadi hal penting untuk generasi yang akan datang. 

Sangat tepat dengan populasi Indonesia yang didominasi oleh generasi muda. Pendekatan yang lebih kekinian mampu memantik semangat dan meningkatkan partisipasi generasi muda Indonesia. 

Dalam forum global, SRE telah diakui kiprah dalam pengembangan generasi muda yang diantaranya kerap melakukan paparan contoh kongkrit penerapan Penta-Helix kolaborasi dan model pikir kekinian di forum energi dan iklim seperti IRENA Youth Forum, NDC Conference, G20, dan Conference of Parties (COP). Model seperti ini seharusnya dapat menjadi kerangka pemerintah untuk dapat direplikasi diseluruh daerah di Indonesia. Kolaborasi integratif dan inklusif menjadi kunci Indonesia dimasa yang akan datang. 

Baca juga : Imin Menunggu Dipanggil Mega

Penulis: 

Zagy Yakana Berian

Founder Society of Renewable Energy (SRE)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :