Dark/Light Mode

Setia Berkoalisi Dengan Gerindra

Imin Menunggu Dipanggil Mega

Sabtu, 17 Juni 2023 08:00 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (tengah) menyampaikan keterangan pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (15/6/2023). (Foto: Antara)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (tengah) menyampaikan keterangan pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (15/6/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar masih menunggu kapan dipanggil Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Meski begitu, Imin menegaskan, tetap setia berkoalisi dengan Gerindra.

Imin menyambut baik rencana PDIP yang akan mempertemukan dirinya dengan Mega. Menurut dia, pertemuan antar partai dan koalisi sudah seharusnya di­lakukan menjelang Pemilu 2024.

"Pokoknya lintas koalisi, lint­as partai, hendaknya terus komunikasi, karena pada dasarnya pe­milu adalah bagian dari agenda besar yang sangat rumit kalau kita tidak bersatu," ucapnya.

Baca juga : Lomba Berkonten Ria Bersama IndiHome, Ini Nama Pemenangnya

Ketika ditanya jika pertemuan ini terealisasi, apa artinya PKB bakal keluar dari Koalisi Indone­sia Raya (KIR)? Imin tegas men­jawab partainya setia dengan Gerindra. Menurut dia, belum berpikir mengalihkan dukungan, sekalipun nanti bertemu Mega.

Terkait capres dan cawapres, Imin mengatakan, pihaknya ber­sama Gerindra akan mengumumkan capres dan cawapres itu, di waktu yang tepat. "Nanti akan ada pengumuman resmi siapa capres, siapa cawapres. Kita menunggu yang lain, jadi kita tidak menahului yang lain," ujar Imin.

Imin mengaku, masih melaku­kan pembicaraan dengan Prabo­wo soal capres-cawapres. Dirinya juga tidak memberi deadline kepada Prabowo untuk siapa capres dan cawapres.

Baca juga : Perjalanan Pertamina Mencari Energi Hingga Ke Gurun Sahara

Politisi PKB, Lukman Hakim menegaskan, meskipun saat ini partainya berkoalisi dengan Gerindra, tapi hubungan dengan partai lain tetap harus dijaga. Pihaknya, ingin pemilu atau pilpres damai dan saling menghormati.

“Makanya perlu ada komunikasi di luar koalisi, apalagi jika bicara kemenangan," jelas Lukman kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sementara, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan, partainya tidak mem­permasalahkan rencana pertemuan Imin dengan Mega. Menurutnya, Gerindra tetap berkomunikasi dengan PKB jika ingin melakukan pertemuan dengan partai politik lainnya.

Baca juga : Mau Gabung Gerindra-PKB? Airlangga: Tunggu Saja!

Lalu apa kata PDIP? Kandang Banteng punya ramuan khusus dalam merayu PKB untuk mengikat kerja sama politik. Di antaranya menyinggung kerja keras PDIP dan PKB dalam memenangkan Jokowi selama dua periode.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.