Dark/Light Mode

Netizen Respons Positif

Alhamdulillah, Akhirnya Kita Beli Airbus A400M

Kamis, 18 November 2021 20:55 WIB
Pesawat Airbus A400M. (Foto: Airbus Defence)
Pesawat Airbus A400M. (Foto: Airbus Defence)

RM.id  Rakyat Merdeka - Netizen merepons positif kabar Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto membeli dua unit Airbus A400M. Warganet mengomentari kiriman akun Airbus di Twitter, @AirbusDefence.

"Bukan main gila Indonesia," twit Lukman Endra melalui akun Twitter @Lukman__14, dikutip Kamis (18/11).

Akun Twitter @bobyindonesia menilai, pembelian armada itu tepat. Menurutnya, Airbus A400M terbukti dapat diandalkan dalam penanganan bencana alam di Sulawesi Tengah (Sulteng), tiga tahun silam.

Baca juga : Alhamdulillah Banjir Di Kabupaten Sintang Berangsur Surut

"Combat proven waktu gempa/tsunami/likuifasi di Palu, Sigi, & Donggala 2018," twitnya.

Ada juga warganet mengucapkan syukur.

"Alhamdulillah, akhirnya beli juga," tulis akun @astro_nugrohobregas.

Baca juga : Alhamdulillah, Kondisi Ketua Dewas KPK Stabil

Ada juga yang berharap agar Indonesia tak hanya beli dua tetapi lebih banyak lagi.

"Semoga ditambah lagi. At least 10-lah buat negara seluas Indonesia ini," komentar @sitorus_nathanael.

Seperti diketahui, Indonesia memesan dua pesawat canggih Airbus A400M. Hal itu ditandai dengan telah ditandatanganinya Letter of Intent (LoI) untuk pemesanan dua pesawat Airbus A400M oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) Pada Kamis (18/11). Dua armada itu  untuk memperkuat kekuatan TNI Angkatan Udara dalam konfigurasi  multirole tanker dan transport.

Baca juga : Alhamdulillah, Negara Kita Tak Lagi Dikucilkan Dunia

Kontrak pemesanan tersebut ditandatangani di sela-sela acara Dubai Airshow 2021. Kontrak akan berlaku efektif pada 2022. Kontrak tersebut mencakup paket dukungan pemeliharaan dan pelatihan dan akuisisi empat A400M di masa mendatang.

Airbus A400M adalah pesawat multi-peran yang dapat meningkatkan kemampuan taktis udara TNI AU.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yakin kehadiran A400M akan memainkan peran kunci dalam misi utama TNI AU, termasuk terjun payung dan transportasi kargo berat. “Selain kemampuan taktis dan udara ke udara, A400M akan menjadi aset nasional dan berperan penting untuk misi bantuan manusia dan tanggap bencana,” kata Menhan Prabowo dikutip dari situs resmi Airbus. [SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.