Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Sinovac Akhirnya Dapat Izin Darurat Dari WHO

Selasa, 1 Juni 2021 22:33 WIB
Ilustrasi vaksin Sinovac yang siap disuntikkan (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ilustrasi vaksin Sinovac yang siap disuntikkan (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik datang dari WHO. Hari ini, Organisasi Kesehatan Sedunia itu resmi memvalidasi vaksin Sinovac-CoronaVac Covid-19 untuk izin penggunaan darurat.

Validasi ini memberikan jaminan kepada negara, penyandang dana, lembaga pengadaan, dan masyarakat bahwa vaksin bikinan perusahaan farmasi Sinovac yang berbasis di Beijing itu memenuhi standar internasional untuk keamanan, kemanjuran, dan produksi.

“Dunia sangat membutuhkan banyak vaksin Covid-19, untuk mengatasi ketimpangan akses yang sangat besar di seluruh dunia,” kata Dr Mariângela Simão, Asisten Direktur Jenderal WHO untuk Akses ke Produk Kesehatan seperti dilansir situs resmi WHO, Selasa (1/6).

Baca juga : Sophia Weber, Dapat Ciuman Dari Havertz

Karena itu, Simao mendesak produsen untuk berpartisipasi dalam fasilitas COVAX, berbagi pengetahuan dan data mereka, serta berkontribusi dalam mengendalikan pandemi.

Daftar Penggunaan Darurat atau Emergency Use Listing (EUL) WHO merupakan prasyarat yang harus dipenuhi oleh suatu vaksin, agar bisa masuk ke dalam daftar pasokan vaksin Fasilitas COVAX dan pengadaan internasional.

EUL juga memungkinkan negara untuk mempercepat persetujuan peraturan mereka sendiri, dalam mengimpor dan mengelola vaksin Covid-19.

Baca juga : Ajukan Praperadilan, RJ Lino Minta Dikeluarkan Dari Rutan KPK

Di samping menilai kualitas, keamanan, dan kemanjuran vaksin Covid-19 serta rencana manajemen risiko dan kesesuaian program, seperti persyaratan rantai dingin.

Penilaian terhadap status EUL ini dilakukan oleh grup evaluasi produk, yang terdiri dari ahli regulasi dari seluruh dunia dan Technical Advisory Group (TAG).

Mereka bertugas melakukan penilaian risiko-manfaat untuk rekomendasi independen terhadap suatu vaksin, yang akan didaftarkan untuk penggunaan darurat.

Baca juga : Sinovac Siap-siap Dapat Izin Darurat Dari WHO, Paling Cepet Minggu Depan

Dalam proses pemberian EUL terhadap vaksin Sinovac-CoronaVac, WHO melakukan berbagai aspek penilaian menyeluruh. Termasuk, inspeksi di tempat fasilitas produksi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.