Dewan Pers

Dark/Light Mode

Mau Sambangi Parpol Di Senayan, SJI Ajak Gelar Konvensi Capres

Minggu, 21 Nopember 2021 09:35 WIB
Ketua Umum SJI Agung Mozin (Foto: Istimewa)
Ketua Umum SJI Agung Mozin (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Organisasi masyarakat Satu Jari Indonesia (SJI) berencana mendatangi sembilan kantor fraksi partai politik di Senayan secara bergilir untuk mengajak melakukan konvensi calon presiden (capres) 2024.

“Semua fraksi telah menerima surat kami,” ujar Sekretaris Jenderal, SJI Deddy Rahman, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Sesuai jadwal, kunjungan SJI akan dilakukan setiap Senin dan Kamis secara periodik. Pada Senin (22/11) kunjungan perdana dilakukan ke Fraksi PDIP. Kemudian, Kamis (25/11) ke Fraksi Golkar. “Kita mulai dari partai yang terbesar, sampai tuntas pertemuan seluruhnya,” ungkapnya. 

Berita Terkait : Satukan Tekad, Sahabat Ganjar Se-Kalsel Dan Kalteng Gelar Konsolidasi Di Banjarmasin

Audiensi itu, katanya, selain menjelaskan tentang Satu Jari Indonesia yang bergerak di dalam proses menciptakan bakal calon legislatif (bacaleg) di Pemilu 2024 juga mengingatkan tentang pentingnya kualitas calon presiden usulan partai di Pilpres 2024.

Chief Executive Officer(CEO) Katapedia ini mengatakan, salah satu tugas parpol itu adalah melahirkan calon pemimpin bangsa, termasuk capres yang berkualitas. SJI menilai, konvensi merupakan salah satu cara terbaik. Setiap partai politik diharapkan mengusulkan tokoh terbaiknya yang diusungnya secara terbuka, sehingga masyarakat disuguhkan calon pemimpinnya sejak dini.

“Jangan bikin rakyat apatis, karena yang muncul itu-itu lagi,” katanya. 

Berita Terkait : Hari Pahlawan, Menag Ajak Masyarakat Jaga Keutuhan Bangsa

Deddy menjelaskan, kapasitas SJI sekadar mendorong dan menyemangati parpol meningkatkan perannya dan kualitas demokrasi di Tanah Air. “Kita menyarankan saja. Tapi, kalau kondisi terburuknya tidak setuju melakukan konvensi, Satu Jari mencoba konvensi rakyat,” tegasnya. 

SJI saat ini sudah memiliki cabang di seluruh provinsi se-Indonesia. Secara infrastruktur, bisa menggelar konvensi capres berbasis pilihan masyarakat yang mewakili Indonesia. Bisa saja, proses pemilihan konvensi itu dilakukan berbasis teknologi, alias online.

“Saya sudah siapakan presentasinya, sekitar 20 halaman. Kita juga akan menjelaskan dan berdiskusi masalah kepemiluan seperti Undang Undang Pemilu hingga Presidential Threshold,” tutupnya.

Berita Terkait : Giliran Partai Buruh Gelar Konvesi Capres

Ketua Umum SJI Agung Mozin menjelaskan, organisasi yang dipimpinnya bukan partai politik, melainkan gerakan politik independen yang diisi perkumpulan orang independen yang peduli dan selalu ambil bagian dalam sistem kepemimpinan penyelenggaraan negara yang demokratis konstitusional. Mantan Wakil Ketua Umum Partai Ummat itu memastikan, SJI akan berkontribusi membawa bangsa ini berdemokrasi seperti pesta demokrasi di Pemilu 2024.

Mantan politisi PAN ini juga menegaskan, SJI akan melakukan gerakan politik yang bersifat sinergis dengan setiap orang yang berjiwa dan berpikir independen untuk mendapatkan kepemimpinan. “Gerakan politik independen Satu Jari tidak akan merebut kekuasan, tapi akan membantu setiap orang mendapat kekuasaan secara konstitusional,” ujar Agung Mozin, kepada Rakyat Merdeka, kemarin. [BSH]